IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN TOKO EMAS SUMBER MULIA ARGAMAKMUR DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN

Penulis

  • Dwi Endang Lestari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Dwi Fajarini Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsikom.v5i2.7225

Abstrak

Dalam memasarkan produk atau jasa, pelaku usaha harus mengembangkan produk atau jasa yang unik dibandingkan pesaingnya. Oleh karena itu, diperlukan strategi pemasaran yang baik untuk meningkatkan jumlah konsumen yang berminat memasarkan produk, termasuk logam mulia atau emas. Penelitian ini dilakukan untuk lebih memahami penerapan bauran pemasaran sebagai bagian dari strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan Toko Emas Sumber Mulia, Argamakmur, Bengkulu Utara untuk memasarkan produk dan layanannya guna meningkatkan jumlah pelanggan. Penelitian ini menggunakan teori Kotler dan Armstrong dengan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Dengan teknik pemilihan informan secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Toko Emas Sumber Mulia Argamakmur yang mempunyai ciri khas bisnis perhiasan berupa kalung, cincin, gelang dan anting yang cantik dan menarik untuk digunakan. Selain itu Toko Emas Sumber Mulia menawarkan produknya dengan harga (price) yang lebih murah dibandingkan toko lain yang ada di Arga Makmur, Bengkulu Utara. Dari segi promosi, Toko Emas Sumber Mulia mengikuti perkembangan zaman modern yakni melakukan promosi melalui fitur WhatsApp story dan fitur Facebook story dengan gambar dan caption iklan yang menarik serta lokasi penjualan produk yang strategis.

Kata Kunci :
Bauran Pemasaran, Toko Emas Sumber Mulia, komunikasi pemasaran, konsumen

Unduhan

Diterbitkan

28-10-2024

Cara Mengutip

Endang Lestari, D., & Fajarini, S. D. . (2024). IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN TOKO EMAS SUMBER MULIA ARGAMAKMUR DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PELANGGAN. Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM), 5(2), 1–11. https://doi.org/10.36085/jsikom.v5i2.7225
Abstrak viewed = 10 times