POLA KOMUNIKASI PEMASARAN JASA TRANSPORTASI ONLINE (STUDI PADA GRAB DI KOTA BENGKULU)

Authors

  • Redho Kurniawan Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Dwi Fajarini Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i1.3050

Abstract

Transportasi online adalah salah satu cara agar bisa memudahkan masyarakat, termasuk dalam layanan pesan antar makanan atau barang ke tempat tujuan. Ditengah maraknya transportasi berbasis online ada salah satu pengusaha yang memanfaatkan kesempatan tersebut dengan menyediakan transportasi online seperti Grab Bengkulu yang sudah menyebar luas di Bengkulu. Namun disamping itu adanya masalah yang peneliti temui pada saat survei lapangan yaitu diantaranya, belum adanya izin operasi dan adanya bentrok dengan supir angkot dengan pihak grab. Sehingga dalam hal ini peneliti ingin meneliti lebih jauh tentang strategi konikasi pemasaran Grab Bengkulu dalam memasarkan jasa transportasi online di bengkulu. Penelitian mengunakan pendekatan deskripsi metode kualitatif. Dalam penelitian ini hasil diperoleh melewati teknik wawancara mendalam, observasi lapangan, dan dokumentasi foto. Adapun teknis menganalisis hasil yang mengunakan tahap mengumpulkan data awal, tahap memilah hasil penelitian, menyajikan hasil penelitian, memvalidasi hasil keabsahan data dengan teknik pengujian data menggunakan triangulasi melalui pemaparan dari narasumber. Dari kesimpulan penelitian menjelaskan bahwasanya strategi komunikasi yang dilakukan oleh Grab Bengkulu untuk menarik peminat pelanggan di kota bengkulu yaitu dengan tetap memperkuat jaringan efektivitas pemasaran secara online dengan menggunakan media sosial dan memanfaatkan sebaik-baiknya. Adapun jenis media sosial yang digunakan adalah seperti Facebook dan Instagram yang berfungsi mempromosikan jasa transportasi online ini. adapun tujuan dalam atribut grab adalah dengan menarik peminat pelanggang supaya lebih mengenal aplikasi Grab, adapun cara lain yang digunakan ialah sosialisasi langsung kepada masyarakat terhadap pengenalan aplikasi Grab di Kota Bengkulu. Keuntungan dalam menggunakan aplikasi grab ini juga dilengkapi security dan tracking dimana berfungsi melindungi pelanggan apabila mengalami kehilangan.

Kata Kunci : Strategi, Pemasaran, Grab

References

Abbas, Salim. 2000. Managemen Transportasi. Cetakan Pertama.

Edisi Kedua. Ghalia Indonesia.Jakarta.

Asmajasari, Magdalena. 1997. Study Periklanan Dalam Perspektif

Koumunikasi Pemasaran, Malang : UMM Perss.

Bowersox, c. 1981. Introduction to Transportation. New York:MacmillanPublishing Co, Inc.

Darmadi Durianto, Hendrawan Supratikno, Sugianto, Anton Wachidin Widjaja, 2005. Recent Trends In Merketing Issues: PT. Gramedia PustakaUtama.

Fergusen, Sherry D. 2009. Communication Planning: An Integrated

Approach.California USA: Sage Publication.

Effendy, Onong Uchana. (1981). Dimensi-Dimensi Komunikasi. Bandung: PT Rosdakarya.

Martin,E.1999. Managing Information Technology What Managers Need to Know.3rd ed. New Jersey:Pearson Education Internasional.

M. Suyanto.2005. Pengantar Teknology informasi untuk bisnis. Andi.

Yogyakarta

Haag dan Keen.1996. Information Teknology: Tomorrow’s Advantage Today.Hammond: Mcgraw-Hill College.

Kotler dan Keller. 2009. Managemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13

Jakarta: Erlangga

Downloads

Published

25-01-2022

How to Cite

Kurniawan, R., & Fajarini, S. D. (2022). POLA KOMUNIKASI PEMASARAN JASA TRANSPORTASI ONLINE (STUDI PADA GRAB DI KOTA BENGKULU). J-SIKOM, 1(1). https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i1.3050

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 257 times