PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DENGAN ANAK DOWN SYNDROM DI SDN LB CURUP SELATAN

Authors

  • noni novalia Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Dwi Fajarini Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i2.3054

Abstract

Strategi komunikasi merupakan kombinasi yang terbaik dari semua elemen komunikasi mulai dari komunikator, pesan, saluran (media) penerima sampai pada pengaruh (efek) yang dirancang untuk mencapai tujuan komunikasi yang optimal. Pada penelitian ini berfokus tentang bagaimana strategi komunikasi antar pribadi dijadikan sebagai sarana komunikasi bagi guru dalam proses belajar anak down syndrom, dengan menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu bahwa di SDLB Negeri Curup Selatan menggunakan komunikasi antar pribadi dengan teori De Vito yang diterapkan dengan cara memberi bimbingan, keterbukaan, dukungan, empati, sikap positif dan kesetaraan bagi siswa tersebut, karena siswa berkebutuhan khusus tidak mampu bersosial, tetapi karena adanya komunikasi antar pribadi yang baik dari guru dengan anak down syndrom sudah mulai memahami dan mengerti, serta dapat berbaur dengan teman sebayanya sama-sama down syndrom. Strategi komunikasi antar pribadi yang digunakan SDLB Negeri Curup Selatan yang paling dominannya adalah keterbukaan dan dukungan.

 

Kata Kunci: Strategi komunikasi, antar pribadi, down syndrom

References

Arini, Kinanthi Dyah. 2013. “Pola Pencarian Informasi Orang Tua dengan Anak .†Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Cangara, Hafied. 2014. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi, Jakarta: Rajawali Pers.

Devito, Joseph. A, 1997. Komunikasi Antar Manusia, Jakarta: Professional Books.

Hanani, Silfia. 2017. Komunikasi Antar Pribadi Teori & Praktik,Yokyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lamatenggo, Hamzah B.Uno dan Nina. 2016. Tugas Guru Dalam Pembelajaran, Jakarta : PT Bumi Aksara.

Mais, Asrosul. 2018. Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus, Jawa Timur: CV Pustaka Abadi.

Nur, Asnawi dan Masyhudi. 2009. Metodologi Reset Manajemen Pemasaran, Malang: UIN-Malang Press.

Rakhmat, Alfan Noor. 2013. Trik Berkomuniaksi Efektif dengan Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta: Grup Relasi Inti Media.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian (Kualitatif,Kuantitatif Dan Penelitian Gabungan), Jakarta: Kencana

Downloads

Published

25-01-2022

How to Cite

novalia, noni, & Fajarini, S. D. (2022). PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DENGAN ANAK DOWN SYNDROM DI SDN LB CURUP SELATAN. J-SIKOM, 1(2). https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i2.3054

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 232 times