STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENCEGAHAN KDRT DI KOTA BENGKULU (Studi Pada Dinas Perbedayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Kota Bengkulu)

Authors

  • Febby Anggraini Program Studi Ilmu Komunikas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Dwi Fajarini Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/.v2i2.3077

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pada kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang sudah kejadian namun sulit dideteksi. Kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) lebih tertuju ke perempuan dibandingkan laki-laki, menjadikannya satu kasus yang paling parah. Hal ini menjadi sumber kecemasan bagi perempuan dan memiliki pengaruh yang merugikan. Hal ini dikarenakan adanya persepsi bahwa hal tersebut merupakan kejadian terlarang yang tidak seharusnya ditanggapi secara luas. Tujuan dari penelitian ini ialah guna mencari tahu pola komunikasi di Kota Bengkulu guna terhindar dari kekerasan dalam rumah tangga. Penelitian kualitatif menggunakan prosedur pengumpulan data, seperti tanya jawab dan wawancara langsung tatap muka. Peneliti kemudian melakukan analisis deskriptif, di mana peneliti menjelaskan data yang diperoleh dari observasi dan kemudian menganalisisnya menggunakan temuan wawancara dan data yang telah dikumpulkan peneliti. Penelitian ini dikaitkan dengan kajian teori Pola Komunikasi Persuasif yang memiliki 3 unsur yaitu Persuader, Persuadee, Persepsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan komunikasi tatap muka secara langsung dengan melakukan sosialisasi dan bimbing konsling islam, membantu korban menyelesaikan masalah dengan memberikan pendampingan yang korban butuhkan.

References

Grasindo Liliweri, Alo, 1991, Komunikasi Antar Pribadi, Cet.1: Bandung: PT. Citra Aditya Bakti

Arifin, Anwar. ( 1984). Strategi Komunikasi Sebuah Pengantar Ringkas.

Bandung: ARMICO.h.68

Bungin, Burhan. 2008. Penelitian kualitatif :komunikasi ,ekonomi,kebijakan publik,dan ilmu sosial lainya Jakarta : kencana prenada media group Wiryanto.

Helmi,Muhammad Ishar.â€Pengadilan Khusus KDRT.†Jurnal Cita Hukum 1, no. 2 (December 2014).

Helmi,Muhammad Ishar.â€Pengadilan Khusus KDRT.†Jurnal Cita Hukum 1, no. 2 (December 2014).

Downloads

Published

26-01-2022

How to Cite

Anggraini, F., & Fajarini, S. D. (2022). STRATEGI KOMUNIKASI DALAM PENCEGAHAN KDRT DI KOTA BENGKULU (Studi Pada Dinas Perbedayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana Kota Bengkulu). J-SIKOM, 2(2). https://doi.org/10.36085/.v2i2.3077

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 260 times