KENDALA INOVASI MEDIA DALAM PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i1.3046Abstrak
Sejak awal tahun 2019 Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu, telah mewajibkan kepada seluruh pemohon Paspor baik itu pemohon yang mengajukan permohonan Paspor, maupun pemohon yang mengajukan permohonan penggantian Paspor untuk menggunakan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (APAPO) sebagai sarana mengoptimalkan kinerja pelayanan keimigrasian. Namun dalam prosesnya inovasi tersebut tidak lepas dari kendala dan permasalahan yang timbul, dalam pelaksanaannya. Tujuan penulisan ini adalah menggambarkan bagaimana kendala yang dihadapi oleh para pemohon pada saat menggunakan Aplikasi APAPO. Penelitian ini menggunakan metode metode deskriptif kualitatif. Penerapan pelaksanaan pelayanan publik dengan menggunakan media online dalam yaitu Aplikasi APAPO yang dilakukan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI telah berjalan dengan baik, hal ini terlihat jika pemohon tidak perlu datang dan mengantri sejak pagi untuk mendapatkan nomor antrian,. tidak terjadi praktek pungutan liar, tidak ada lagi praktek percaloan dalam pelayanan publik yang diberikan oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bengkulu. Namun dalam pelaksanaannya dalam penggunaan Aplikasi APAPO tersebut masih di temukan beberapa kendala.
Kata Kunci : Inovasi Media dan Pelayanan Paspor
Referensi
Afrizal. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Aida vitayala S. Hubis, dkk. 2010. Komunikasi Inovasi ed 2. Jakarta:
Universitas Terbuka Anshori, Mahfud. (2010). Kerangka Media
dalam Jurnalisme Online (Analisis Framing Empat Portal Berita Online). Tesis.Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.Dilla, Sumadi. 2007. Komunikasi
Pembangunan: Pendekatan Terpadu. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Dwiyanto, Agus. 2005. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Harun, Rochajat & Ardianto, Elvinaro. 2012. Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial: Perspektif Dominan, Kaji Ulang, dan Teori Kritis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Kristanto, Andi. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya.
Yogyakarta: Gava Media.
Rogers, Everett M., 1983, Diffusion of Innovations. London: The Free Press.
Sabani, Beni Ahmad. 2008. Metode Penelitian. Bandung: Cv. Pustaka
Setia.
Sadiman, Arif.S. dkk(2006). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan,danPemanfaatannya. Jakarta:Pt RajaGrafido Persada.
Dokumen dan Peraturan Undang –Undang : Undang-Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang
Pelayanan Publik. Keputusan Menteri Pendagunaan Aparatur Negara No. 63 Tahun 2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Sumber Lain :
http://bengkulu.imigrasi.go.id/
https://www.gurupendidikan.co.id/pengerti
an-inovasi