STUDI NEGOSIASI WAJAH DALAM INTERAKSI ETNIK BATAK DAN ETNIK JAWA DI DESA SURO BALI KEC.UJAN MAS KAB.KEPAHIANG

Authors

  • Selvi Aprilia PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
  • fitria yuliani PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i1.3069

Abstract

Warga Indonesia merupakan warga majemuk. warga indonesia terdiri dari latar balik yang bermacam- macam, kebangsaan semacam suku, agama, ras serta kelas. Tidak hanya itu juga tiap kebudayaan mempunyai identitas tertentu semacam perbandingan bahasa, adat istiadat, dan kerutinan, santapan serta norma dan nilai yang diyakini. Pada penelitian ini berfokus tentang bagaimana dua Etnik di Desa Suro Bali yakni Etnik Batak dan Jawa dituntut untuk bisa beradaptasi dengan budaya yang berbeda. Riset ini memakai tata cara kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi oleh Alfred Schutz. Metode pengumpulan informasi yang digunakan berbentuk observasi, wawancara serta dokumentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi interaksi antar budaya antara etnik Batak dan etnik Jawa yang menunjukkan perilaku akomodatif berupa Facework melalui Negosiasi Wajah dalam bentuk verbal dan nonverbal saat berinteraksi pada Etnik Batak dan Etnik Jawa. Komunikasi antarbudaya Etnik Batak dan Jawa juga mengalami hambatan seperti hambatan budaya, parangliustik, perbedaan persepsi dan perbedaan kebiasaan nonverbal. Hambatan ini diselesaikan melalui manajemen konflik.

 

Kata Kunci : Komunikasi Antar Budaya, Etnik, Teori   Negosiasi

References

Alo Liliweri, 2007. Dasar-dasar KomunikasiAntar Budaya. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Bergerand Arthr Asa. 2000. Tandatanda dalam kebudayaan kontemporer. (edisi terjemahan oleh M.Dwi Mariyanto &Sunarto). Jogyakarta. Tiara wacanaYogya.

Burhan Bungin, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta : Kencana, 2008, h. 104.

Cangara, Hafied. 2005. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Deddy Mulyana.2001.Metodologi Penelitian Kualitatif; Paradigma Baru IlmuKomunikasi danIlmu Sosial Lainnya

Deddy Mulyana dan Jalaluddin Rakhmat. Komunikasi Antarbudaya:Panduan Berkomunikasi dengan OrangOrang Berbeda Budaya. 2006. Bandung:Remaja Rosdakarya.hal.25

Downloads

Published

25-01-2022

How to Cite

Aprilia, S., & yuliani, fitria. (2022). STUDI NEGOSIASI WAJAH DALAM INTERAKSI ETNIK BATAK DAN ETNIK JAWA DI DESA SURO BALI KEC.UJAN MAS KAB.KEPAHIANG. J-SIKOM, 2(1). https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i1.3069

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 685 times