PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM “ATIK BATIK” DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI KAIN BATIK BESUREK

Authors

  • Septi Lestari PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
  • fitria yuliani PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i1.3065

Abstract

Pemanfaatan media sosial saat ini sudah banyak digunakan oleh mereka sebagai pelaku bisnis untuk dijadikan sebagai media promosi yang paling efektif dan mudah. Pada penelitian ini berfokus tentang bagaimana media sosial digunakan sebagai media promosi bagi salah satu toko kain batik besurek yang ada di Kota Bengkulu yakni “Atik Batik†dengan menggunakan metode kualitatif dan model  teori Difusi Inovasi. Hasil penelitian ini yaitu bahwa kajian 4 unsur teori Difusi Inovasi (inovasi, jangka waktu, saluran komunikasi dan sosial) memiliki hubungan dengan adanya pemanfaatan media sosial saat ini. Seperti adanya pemilihan inovasi yang memiliki dampak di zaman sekarang, jangka waktu yang dipilih untuk memutuskan kenapa harus mempromosikan melalui media sosial instagram, saluran komunikasi yang memiliki pengaruh tersendiri seperti jangkauan luas dalam promosi, dan sosial yang membuat adanya perubahan hingga timbulnya pemanfaatan media sosial instagram sebagai promosi dari pihak Atik Batik sebagai pengusaha batik besurek di kota Bengkulu.

 

Kata Kunci : Media Sosial, Eksistensi

References

A. Crane. 2000. Facing the backlash, Green Market, and Srategic Reorientation in the 1990’s Journal of Strategic Marketing. Vol. 8 No. 3., pp.277-96.

Bungin.2006. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo.

Burhan, Bungin. 2007. Analisis Data Penelitian Kuliatitif. Jakarta Jilid II : Raja Grafindo.

Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler,P.& Keller, K.L (2012),Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi ke 12.Jakarta Erlangga.

M. Nisrina, Bisnis Online, Manfaat Media Sosial Dalam Meraup Uang, (Yogyakarta : Kobis , 2015) hal. 137

Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Yudhistira

Morissan,2010. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Ghalia Indonesia

Rianto, Jati Wijang. (1998), Kain Besurek, Bengkulu, Proyek Pembinaan Permusiman Negeri Provinsi Bengkulu.

Downloads

Published

25-01-2022

How to Cite

Lestari, S., & yuliani, fitria. (2022). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM “ATIK BATIK” DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI KAIN BATIK BESUREK. J-SIKOM, 2(1). https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i1.3065
Abstract viewed = 310 times