ANALISIS SEMIOTIKA ISU MENTAL ILLNESS DALAM BUKU INTO THE MAGIC SHOP
DOI:
https://doi.org/10.36085/madia.v5i1.7585Abstrak
Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan yang memiliki saluran atau perantara. Media komunikasi merupakan suatu sarana penyampaian informasi yang bertujuan untuk memfasilitasi informasi, media komunikasi yang umum digunakan yaitu televisi, radio, media online, dan lainnya. Adapun media komunikasi berupa karya, bai karya seni maupun karya sastra, pada penelitian ini membahas informasi yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca melalui karya sastra buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isu mental illness dalam buku Into The Magic Shop karya
James R. Doty, peneliti mengambil tema mental illness dalam buku Into The Magic Shop ini karena kesadaran untuk menyikapi isu kesehatan mental di masyarakat pada saat ini masih tergolong rendah. Peneliti menggunakan teori semiotika Ferdinand De Saussure, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya isu mental illness dalam buku Into The Magic Shop, bentuk mental illness yang terjadi yaitu depresi, trauma, sedih, kecemasan, putus asa, dan kesepian yang ditunjukan dari narasi yang menggambarkan karakteristik mental illness. Kesehatan mental sangat penting, pembentukan karakter sangat mempengaruhi emosi untuk menghadapi masalah serta afirmasi positif mampu memberikan dorongan untuk bangkit dari rasa keterpurukan seperti yang dialami oleh James
Keywords:
Mental Illness, Media Komunikasi, Buku Into The Magic Shop
![](https://jurnal.umb.ac.id/public/journals/40/submission_7585_8495_coverImage_en_US.jpg)