STRATEGI INFORMASI DAN LITERASI MAHASISWA BARU MELALUI INSTAGRAM @umbengkulu
DOI:
https://doi.org/10.36085/madia.v6i1.8454Abstract
Penelitian ini mengkaji peran strategis akun Instagram @umbengkulu dalam mendukung literasi informasi dan proses adaptasi akademik mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB). Temuan menunjukkan bahwa @umbengkulu tidak hanya menjadi sumber informasi utama yang akurat dan konsisten, tetapi juga menyajikan konten edukatif secara menarik, komunikatif, dan mudah dipahami, sesuai dengan karakteristik generasi digital. Pemanfaatan berbagai fitur Instagram seperti feed, reels, story, dan IGTV mencerminkan strategi komunikasi multimodal yang efektif. Selain itu, interaksi dua arah melalui Direct Message (DM) dan kolom komentar menunjukkan responsivitas tinggi yang berkontribusi dalam mengurangi kebingungan dan memperkuat keterikatan emosional mahasiswa terhadap institusi. Akun ini juga berfungsi sebagai agen literasi digital, membantu mahasiswa memilah informasi kredibel di tengah banjir informasi digital. Kendati demikian, penelitian juga menemukan tantangan, terutama dalam penyampaian istilah akademik yang kompleks. Oleh karena itu, disarankan inovasi konten yang lebih interaktif seperti sesi tanya jawab, polling, kuis, dan live session bersama civitas akademika. Secara keseluruhan, @umbengkulu terbukti menjadi media sosial edukatif dan partisipatif yang efektif dalam menjembatani mahasiswa baru dengan dunia akademik yang dinamis dan kompleks.
Kata kunci : Instagram, Informasi, Literasi
