ANALISIS SEMIOTIKA ISU MENTAL ILLNESS DALAM BUKU INTO THE MAGIC SHOP

Authors

  • Khairunnisa. B Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Fitria Yuliani Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/madia.v5i1.7585

Abstract

Komunikasi merupakan proses penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan yang memiliki saluran atau perantara. Media komunikasi merupakan suatu sarana penyampaian informasi yang bertujuan untuk memfasilitasi informasi, media komunikasi yang umum digunakan yaitu televisi, radio, media online, dan lainnya. Adapun media komunikasi berupa karya, bai karya seni maupun karya sastra, pada penelitian ini membahas informasi yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca melalui karya sastra buku. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui isu mental illness dalam buku Into The Magic Shop karya
James R. Doty, peneliti mengambil tema mental illness dalam buku Into The Magic Shop ini karena kesadaran untuk menyikapi isu kesehatan mental di masyarakat pada saat ini masih tergolong rendah. Peneliti menggunakan teori semiotika Ferdinand De Saussure, dan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini bahwa adanya isu mental illness dalam buku Into The Magic Shop, bentuk mental illness yang terjadi yaitu depresi, trauma, sedih, kecemasan, putus asa, dan kesepian yang ditunjukan  dari narasi yang menggambarkan karakteristik mental illness. Kesehatan mental sangat penting, pembentukan karakter sangat mempengaruhi emosi untuk menghadapi masalah serta afirmasi positif mampu memberikan dorongan untuk bangkit dari rasa keterpurukan seperti yang dialami oleh James

Keywords:
Mental Illness, Media Komunikasi, Buku Into The Magic Shop

 

Downloads

Published

2024-12-31
Abstract viewed = 1 times