PENGARUH IKLAN POLITIK MEDIA LUAR RUANG DALAM PEMILUKADA TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DI SMAS MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU

Authors

  • Ari Rahmadi
  • sarrah Program Studi Ilmu Komunikasi
  • sri Program Studi Ilmu Komunikasi

DOI:

https://doi.org/10.36085/.v3i1.3785

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan politik dalam pemilukada terhadap partisipasi pemilih pemula di SMAS Muhammaiyah 4 kota Bengkulu. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif asosiatif, dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan sistem Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Kepustakan, dan Angket Kuesioner dengan sistem pengambilan semple menggunakan purposive sampling. Temuan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara iklan politik media luar ruang terhadap partisipasi pemilih pemula di SMAS Muhammaiyah 4 kota Bengkulu Tahun 2020 hal ini sejalan dengan teori menyatakan bahwa pemilih pemula adalah pemilih yang paling potensial untuk para kandidat mendapatkan suara di pilkada karena pemilih pemula biasanya mempunyai karakter yang lebih labil dan apatis, dengan pemahaman politik yang sedikit sehingga pemilih pemula lebih cenderung acuh tak acuh dan mengikuti budaya berpartisipasi dalam menentukan masalah politik mereka dan hanya memilih berdasarkan apa yang mereka lihat di media, salah satunya media luar ruang.

Keywords : Iklan politik Media Luar Ruang, Partisipasi Pemilih Pemula, Pemilukada

Additional Files

Published

21-05-2022

How to Cite

Rahmadi, A. ., kurnia fadhila, sarrah ., & Fajarini, S. D. (2022). PENGARUH IKLAN POLITIK MEDIA LUAR RUANG DALAM PEMILUKADA TERHADAP PARTISIPASI PEMILIH PEMULA DI SMAS MUHAMMADIYAH 4 KOTA BENGKULU. J-SIKOM, 3(1), 154–171. https://doi.org/10.36085/.v3i1.3785
Abstract viewed = 160 times