INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PENYIARAN HD TV KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i2.3059Abstrak
Hadirnya media sosial Instagram dengan segala kelebihan dan kemudahannya di manfaatkan ntuk mendukung perkembangan sebuah inovasi yaitu Hidayah Televisi (HD TV). Hidayah Televisi di buat pemerintah kota Bengkulu sebagai media penyebaran informasi pemerintah kota Bengkulu. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengatahui.bagaimana pemanfaatan media.sosial.Instagram dalam siaran HD TV kota Bengkulu. Kualitatif Deskriptif sebagai metode dalam penelitian ini dengan pengambilan data informan menggunakan Teknik sample Snowball Sampling. Penelitian ini menyatakan hasil penelitian bahwa pemanfaatan media sosial Instagram dalam siaran HD TV Kota Bengkulu di wujudkan dengan memanfaatkan kepopuleran Instagram dengan memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang mendukung kemajuan siaran HD TV Kota Bengkulu. Pemilihan Instagram di lakukan dalam penyiaran HD TV di karenakan mudahnya akses dan tidak banyak regulasi yang harus diikuti serta menghemat biaya produksi penyiaran. Pemanfaatan Instagram sebagai sarana penyiaran HD TV Kota Bengkulu mendapat respon baik dari masyarakat. Karena dengan di bentuknya HD TV masyrakat bisa menyampaikan aspirasi dan keluh kesah selama tinggal di Kota Bengkulu. Sehingga dapat memaksimalkan pemberdayaan masyarakat khususnya di Kota Bengkulu.
Â
Kata Kunci : Pemanfaatan Instagram, Media Informasi, HD TVReferensi
Asmaya, Fela. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Facebook Terhadap perilaku Prosisual Di Kenegerian Kota Bangun. Universitas Riau.Vol.2 No.2
Bungin, Burhan.2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta:Kencana Perdana Media Group
Culandari, Yulius. 2008 . Microblogging Paling Populer. Yogyakarta: Mediakom.
Diamond, Stephanie.2015.The Visual Marketting Revolution.Jakarta:Serambi Ilmu Semesta
Imam Suprayogo, Tobroni,2001.Metode Penelitian Sosial Agama.Bandung:Remaja
Iswah, Dirgayuza.2011.Panduan Praktis Mengoptimalkan Twitter. Jakarta: Mediakita Kertamukti, R. 2015. Strategi Kreatif dalam Periklanan: Konsep Pesan, Media, Branding, Anggaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Moleong, Lexy. 2007.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Karya.
Nasrullah, Rulli. 2016. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media
Nurudin.2012.Media Sosial Baru.Yogyakarta:mata Pressindo
Prabiwi,Agung dan Arofah,Kurnia.2017.Media Sosial Instagram Sebagai Sosialisasi Kebijakan Penyiaran Digital.JUrnal.FISIP UPN Veteran Yogyakarta:Yogyakarta.Vol 3 No 2
Sugiyono.2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta