PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI DI SMP 18 KOTA BENGKULU

Authors

  • Puput Marsela Univeritas Muhammadiyah Bengkulu
  • Irwandi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nasral Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Saparudin Saroni Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v4i2.8448

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh perlakuan (treatment) variabel bebas yaitu ice breking terhadap variabel ketergantungan yaitu motivasi dan hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini melibatkan 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan perlakuan yang berbeda. Kelas eksperimen akan diberikan perlakuan dengan menggunakan icebreaking, sedangkan kelas kontrol tidak menggunakan icebreaking atau diajarkan dengan pembelajaran konvensional. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.5 sebanyak 29 siswa sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan Ice Breaking dan kelas. VII.8 sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol tanpa menggunakan Ice Breaking. Hasil uji hipotesis motivasi siswa diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (sig: 0,000<0,05) serta Thitung 8,515 dan Ttabel 1,705 artinya Thitung lebih besar dari Ttabel (8,515>1,705). Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode Ice Breaking berpengharuh terhadap motivasi belajar siswa. Hasil uji hipotesis hasil belajar siswa diperoleh 0,000 lebih kecil 0,05 (sig: 0,000<0,05 ) serta Thitung 6,598 lebih besar dari Ttabel 1,705 artinya Thitung lebih besar dari Ttabel (6,598>1,705). Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metode Ice Breaking berpengharuh terhadap motivasi belajar siswa.

Downloads

Published

06/30/2025

How to Cite

Puput Marsela, Irwandi, Nasral, & Saparudin Saroni. (2025). PENGARUH ICE BREAKING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA-BIOLOGI DI SMP 18 KOTA BENGKULU. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 4(2), 120–126. https://doi.org/10.36085/jrips.v4i2.8448

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)