IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DIGITAL LEARNING BERBANTU CROSSWORD PUZZLE PADA MATERI IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT SISWA

Authors

  • Anisahtul Karomah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Saparudin Saroni Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v4i1.7821

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat hasil peningkatan belajar dan minat siswa dengan implementasi media pembelajaran digital learning berbantu crossword puzzle di SMP 15 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Dengan rancangan penelitian randomized control-group pretest-posttest design.Sampel penelitin ini terdiri dari dua kelas yaitu eksperimen (VIII B) dan kelas control (VIII C). Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil peneltian yang diperoleh rata-rata minat untuk kelas eskperimen mempunyai nilai rata-rata 91,78 dan rata-rata minat untuk kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata 73,79 Sedangkan hasil belajar siswa untuk kelas eskperimen mempunyai nilai rata-rata sebesar 79,8035 dan hasil belajar siswa untuk kelas kontrol mempunyai rata-rata sebesar  15,9607 . Jadi dapat disimpulkan Ho diterima Ha ditolak karena dalam penerapan metode pembelajaran digital learning berbantu crossword puzzle di SMP 15 Kota Bengkulu pada kelas  eksperimen secara signifikan berpengaruh terhadap minat  dan hasil belajar kognitif siswa dari pada proses pembelajran secara konvesional.

 

Kata Kunci: Crossword Puzzle, Minat,  Hasil Belajar

Downloads

Published

01/31/2025

How to Cite

Anisahtul Karomah, & Saparudin Saroni. (2025). IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DIGITAL LEARNING BERBANTU CROSSWORD PUZZLE PADA MATERI IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MINAT SISWA. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 4(1). https://doi.org/10.36085/jrips.v4i1.7821

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times