PEMANFAATAN LIMBAH CAIR INDUSTRI TAHU SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.)

Authors

  • Pariyanto Pariyanto Unversitas Muhamamdiyah Bengkulu
  • Santoso Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Saparudin Saroni Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Avivatul Meilani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v2i2.5656

Abstract

Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian limbah cair tahu yang dapat digunakan sebagai pupuk organik cair (POC) pada pertumbuhan tanaman sawi hijau (Brasicca juncea L.). Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data dengan menggunakan eksperimen, pengukuran dan dokumentasi. Rancangan percobaan penelitian ini dengan menggunakan sistem RAL (Rancangan Acak Lengkap), Penelitian ini dilakukan di desa Rena Jaya kecamatan Giri Mulya kabupaten Bengkulu Utara pada bulan Februari – Maret 2023. Penelitian ini dilakukan dengan 3 ulangan dan 5 perlakuan yaitu P1 (kontrol), P2 (10%), P3 (20%), P4 (30%), dan P5 (40%). Data dianalisis secara statistik melalui ANOVA dan dilanjutkan dengan uji LSD 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pupuk organik cair (POC) limbah tahu berpengaruh nyata pada pertumbuhan tanamanan sawi hijau (Brasicca juncea L.). Konsentrasi yang paling optimal ditunjukan pada P2 konsentrasi 10%, dengan tinggi tanaman rata-rata 30,5 cm, dengan jumlah helai daun rata-rata 10 helai, dan berat basah rata-rata 83,3 gram/tanaman, sehingga dapat diketahui perbedaan yang signifikan terhadap kesuburan tanaman pada pemberian pupuk organik cair (POC) limbah tahu terhadap pertumbuhan tanaman sawi hijau (Brasicca juncea L.)

 

Kata kunci: Limbah cair tahu, pupuk organik cair (POC), tanaman sawi hijau (Brasicca juncea L.)

Author Biography

Pariyanto Pariyanto, Unversitas Muhamamdiyah Bengkulu

Pendidikan Biologi

Downloads

Published

06/25/2023

How to Cite

Pariyanto, P., Santoso, Saparudin Saroni, & Avivatul Meilani. (2023). PEMANFAATAN LIMBAH CAIR INDUSTRI TAHU SEBAGAI PUPUK ORGANIK CAIR (POC) TERHADAP PERTUMBUHAN TANAMAN SAWI HIJAU (Brassica juncea L.). Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 2(2), 145–155. https://doi.org/10.36085/jrips.v2i2.5656

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 189 times