PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 8 REJANG LEBONG

Authors

  • Lenda Faniati Universitas Muammadiyah Bengkulu
  • Nasral Nasral Universitas Muammadiyah Bengkulu
  • Pariyanto Pariyanto Universitas Muammadiyah Bengkulu
  • Nopriyeni Nopriyeni Universitas Muammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v1i1.2786

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Student Teams Achiement Division (STAD) dengan menggunakan media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 8 Rejang Lebong. Metode yang digunkan dalam penelitian ini merupakan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) sample yang diambilsecara random sampling sehingga didapat 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen yaitu X MIA 1 berjumlah 26 orang dan kelas control yaitu X MIA 3 berjumlah 27 orang. Desain penelitian yang digunakan Randomized control group pretest-posttest design. Analisis data menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata sebesar 76,92, dan kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata sebesar 68,51. Berdasarkan hipotesis dapat disimpulkan model pembelajaran Student Teams Achiement Division (STAD) dengan menggunakan media Mind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 8 Rejang Lebong.

Kata Kunci : Student Teams Achiement Division (STAD), Mind Mapping, Hasil Belajar

References

Anifah, N., Nunuk, S. dan Sri, H. 2014.Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (Stad) Dan Konvensional Terhadap Prestasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Viii Mts NegeriDi Kabupaten Kudus.JurnalTeknologi Pendidikan Dan Pembelajaran 2 (2), Hal 185 – 198.

Arikunto. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. PT Bumi Aksara. Jakarta Baharudin dan Esa, W. 2007.Teori Belajar dan Pembelajaran.AR-Rus

Media.Yogyakarta.

Bahi, A.M. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas XI IPA SMAK ST. Darius Larantuka Tahun Ajaran 2015/2016.Skripsi.Universitas Sanata Dharma.Yogyakarta.

Budiningsih . 2012. Belajar dan Pembelajaran . Rineka Cipta .Jakarta Buzan, T. 2005. Buku Pintar Mind Map. PT Gramedia Pustaka Utama.Jakarta

Fauziah, N., Muhamad, M. dan Agung,N.C.S. 2012.Studi Komparasi Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) Menggunakan Peta Pikiran (Mind Mapping) Dan Peta Konsep (Concept Mapping) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Periodik Unsur Siswa Kelas X Semester Ganjil SMA Negeri Kebak kramat Tahun Pelajaran 2012/2013.Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2 (2). Tahun 2013

Hamdani. 2011. Stategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia. Bandung.

Harahap, N. 2013.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipeSTAD Terhadap Hasil Belajar Kognitif, Motivasi, dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Ekosistem di MTSN Model Bnda Aceh.Jurnal Dosen STKIP Bina Bangsa Getsempena. Volume 4

Hasbullah. 2011. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali pers.Jakarta.

Heriadi. 2013. Penerapan Mind Mapping pada Pembelajaran Biologi Konsep Sistem Pernapasan Manusia Terhadap Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar. Jurnal Seminr Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS.

Hidjiria, D.A., Yunita , W. dan Harmoko. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achiecement Division ) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa kelas XI SMA Negeri 9 Lubuk Linggau. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi STKIP-PGRI Lubuk Linggau.

Irwandi, 2010.Strategi Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual .UMB Press.Bengkulu.

Isjoni. 2012. Cooperative Learning. Alfabeta.Cv. Bandung.

Ketut, S. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Minat Terhadap Lingkungan Pada Siswa Kelas V Sd Se-Desa Sibangkaja Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 1

Lufri. 2007. Kiat Memahami. Metodologi dan Melakukan Penelitian.UNP Press.

Padang.

Majid, A. 2013.Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Marlina, L., Ummi, H., Devy. 2017. Pengaruh Penerapan Model Tps (Think Pair Share) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran Biologi Di Mts Negeri 1 Palembang.Jurnal Bioilmil. Volume 3 Nomor 3

Muldayanti, N. 2013.Pembelajaran Biologi Model Stad Dan Tgt Ditinjau Dari Keingintahuan Dan Minat Belajar Siswa.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia

Nengsih, W. 2016. Penerapan Metode Diskusi Dengan Media Mind Mapping Dalam Upaya peningkatan hasil Belajar.JurnalCurricula. Vol 2, No 1

Ngadiyan. 2018. Pengaruh Strategi Mind Mapping Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Fikih di Kelas VII MTsN 8 Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Madrasah, Volume 3, Nomor 1

Puspawati, N., Wayan, L. dan Nyoman, D. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Minat dan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Nomor 3 Legian – Badung.E-JournalProgram Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha.

Putra, A.T., Hairida. dan Ira, L. 2009. Pengaruh Multimedia Berbasis Mind Mapping Terhadap Hasil Dan Retensi Belajar Siswa Pada Materi Hidrokarbon . Skripsi.Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan.

Rusman . 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.

PT Raja Grafindo Persada.Jakarta.

Sagala, S. 2008. Administrasi Pendidikan Kontenporer. Alfabeta. Bandung. Sagala, S. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran.Alfabeta. Bandung.

Sari, H., Laili, F.Y. dan Eko, S.W.2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Disertai Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Materi Ekosistem Kelas X. Skripsi.Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Untan.

Sari, N., Rena, L. dan Dahlia. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperative Tipe Student Teams Achiement Division (STAD) Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri Bangu Purba Tahun 2014/2015.skripsi. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasir Pengaraian.

Suprijono, A. 2009.Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Pustaka Belajar.Surabaya.

Suryani, N. dan Leo, A. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Ombak.Yogyakarta.

Suyono, A.2010. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.Skripsi.Universitas Islam Riau.

Tenriawaru, E.P. 2014. Implementasi Mind Mapping Dalam Kegiatan Pembelajaran dan Pengaruhnya Terhadap Pendidikan Karakter. Jurnal Seminar Nasional Volume 01, Nomor 1

Tirtarahardja, U. 2012. Pengantar Pendidikan. PT Rineka Cipta. Jakarta.

Wardani, F. 2016. Efektivitas Pemberian Kuis Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ips PadaMata Pelajaran Ekonomi.Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Untan Pontianak

Downloads

Published

12/18/2021

How to Cite

Faniati, L., Nasral, N., Pariyanto, P., & Nopriyeni, N. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBASIS MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 8 REJANG LEBONG. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 1(1). https://doi.org/10.36085/jrips.v1i1.2786
Abstract viewed = 301 times