SOSIALISASI BAHAYA MEDIA SOSIAL BAGI SISWA KELAS IX SMPN 03 DAYUN (SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN RISIKO DIGITAL)
Keywords:
Digital literacy, Social media, Socialization, Junior high school students, KKN MAsAbstract
Di zaman modern, banyak remaja mulai menggunakan media sosial, yang memiliki manfaat tetapi juga bahaya, terutama bagi pengguna baru. Siswa yang tidak mahir menggunakan media digital dapat menghadapi masalah seperti pelecehan online, penyebaran hoaks, dan penyalahgunaan data pribadi. Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Muhammadiyah Aisyiyah (MAs) melakukan program sosialisasi tentang bahaya media sosial di SMPN 03 Dayun, Desa Buana Makmur, Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang efek negatif media sosial dan memberikan tips menghindari ancaman digital. Untuk mengukur pemahaman, dilakukan melalui presentasi interaktif, diskusi, dan kuesioner yang disiapkan sebelumnya. Kegiatan tersebut diikuti oleh 55 siswa kelas IX. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, 100% siswa merasa lebih memahami dampak positif dan negatif media sosial, 96% menyadari bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan dapat mengganggu belajar, dan 96% juga berniat mengurangi durasi penggunaan media sosial. Terbukti bahwa kegiatan ini efektif dalam meningkatkan literasi digital siswa. Ini juga dapat berfungsi sebagai program pencegahan berkelanjutan disekolah. Sekolah harus memasukkan literasi digital ke dalam pelajaran, mendidik guru tentang penggunaan media sosial, dan melibatkan orang tua untuk memantau penggunaan gawai siswa. Dengan tindakan terus-menerus ini, remaja dapat mengurangi risiko teknologi sambil membangun budaya penggunaan media sosial yang sehat.
References
Adiarti, Dwi Inggi, and Ningsih Fadhilah. 2025. “Membangun Ketahanan Digital Remaja Desa: Analisis Kekerasan Seksual Digital Melalui Perspektif Perkembangan Anak Dan Gender.” Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan 3(1):6–17.
Andriansyah, Andriansyah, Ernawati Ernawati, Herman Herman, and Pramudita Budi Rahayu. 2024. “Keterampilan Digital: Pengaruh Kompetensi Digital Terhadap Minat Bisnis Online.” Jurnal Pekommas 9(2):337–46. doi: 10.56873/jpkm.v9i2.5850.
Fikri, Ahmad, Anggun Nata Utami Rahman, and Distiara Wildania. 2025. “Urgensi Literasi Digital Dalam Membangun Karakter Siswa Di Era Media Sosial.” RIGGS: Journal of Artificial Intelligence and Digital Business 4(2):3899–3905. doi: 10.31004/riggs.v4i2.1134.
Fitrialis, Roza, Dea Elsani, Tika Rahmadani, Nayla Riska Vania, Nashwa Putri Nabila, and Nur Fitriana. 2024. “Dampak Negatif Media Sosial Terhadap Remaja.” Jurnal Akuntansi, Bisnis Dan Ekonomi Indonesia 3(2):30–34.
Gusriyanti, Dwi Ayu, and Elvi Yanti. n.d. “Meningkatkan Pemahaman Bijak Bermedia Sosial Melalui Literasi Digital Dan Netiket Bagi Siswa / I Sma It an-Nahl Kota.” 4(1):1–6.
Handijono, Ardijan, Chairul Anwar, and Abdurrahman Harits. 2025. “Pemanfaatan Penggunaan Sosial Media Dengan Bijak Dalam Teknologi Informasi Di Era Digital Di SMK Media Informatika.” Attamkiim: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2(1):58–64. doi: 10.62070/attamkiim.v2i1.243.
Harahap, Machyudin Agung, and Susri Adeni. 2020. “Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia.” Jurnal Professional FIS UNIVED 7(2):13–23.
Hardian, Arvin, Elisabeth Sitepu, Aria Mulyapradana, Joni Wilson Sitopu, and Boby Hendro Wardono. 2025. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Remaja Di Era Digital.” IRJE: Indonesian Research Journal on Education 5(1):1079–85.
Nuriyah, Nuriyah, and Andi Nurlela. 2025. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Dan Prestasi Belajar Remaja SMP N 12 Kota Serang.” Jurnal Masyarakat Digital 1(2):48–61.
Paulina, Silitonga. 2023. “Pengaruh Positif Dan Negatif Media Sosial Terhadap Perkembangan Sosial, Psikologis, Dan Perilaku Remaja Yang Tidak Terbiasa Dengan Teknologi Sosial Media Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 4(1):1–23.
Sampuna, Ahmad, Try Akhmal Hidayat, Sapriadi Rambe, Siti Fatimah, Hasibuan, Aisyah, and Nuzulul Furqon. 2024. “Manfaat Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8(1):4808–14.
Silaban, Donna Isra, Yoseph Riang, Hendrikus Saku Bouk, Renitas Riwati Ina Werang, Oktafiana Medilmana, Melva Margareth C. Da Rato, and Cindy Claudia Tungga. 2025. “Literasi Media Digital Dalam Mengantisipasi Berita Hoax Pada Siswa SMP Negeri 10 Kota Kupang.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 6(2):2377–86.
Sugiarto and Ahmad Farid. 2023. “Literasi Digital Sebagai Jalan Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Society 5.0.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan 6(3):580–97. doi: 10.37329/cetta.v6i3.2603.
Suwandi, Sarwiji. 2020. “Implementasi Pembelajaran Abad Ke-21 Dan Tantangannya Untuk Berperan Dalam Masyarakat 5.0.” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI 15(1):1–15.
Wandini, Rora Rizky, M. Rusdi Syawaludin, and Maxsel Koro. 2021. Transformasi Dunia Pendidikan Dalam Upaya Percepatan SDM Unggul.
Yulce Ketrina Karubuy, Suriyani Br Ginting, Nataline Simanjuntak, and Irna Drella Br Ginting. 2025. “Pengaruh Media Sosial Terhadap Interaksi Sosial Siswa.” Jurnal Multidisiplin Ilmu Akademik 2(4):1–7. doi: 10.61722/jmia.v2i4.5019.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







