PENDAMPINGAN GURU DALAM MENUMBUHKAN KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 PENDAKIAN KOTA BENGKULU

Authors

  • Reni Kusmiarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Mahdijaya Mahdijaya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yanti Paulina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sakroni Sakroni Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Pengabdian yang dilakukan berupa sosialisasi dan pendampingan tentang strategi guru dalam menumbuhkan kemampuan literasi membaca siswa  sekolah dasar Muhammadiyah 2 Pendakian Kota Bengkulu karena minat membaca siswanya masih rendah, sarana dan prasarana yang belum memadai, guru belum memahami sepenuhnya bagaimana strategi untuk menumbuhkan minat baca siswa. Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan melakukan observasi, penyuluhan/sosialisasi strategi menumbuhkan minat baca siswa Sekolah Dasar, implementasi strategi menumbuhkan minat baca siswa oleh guru Sekolah Dasar Muhammadiyah 2, melakukan pendampingan guru dalam  melaksanakan strategi menumbuhkan minat baca siswa Sekolah Dasar, melakukan  evaluasi terhadap guru, merefleksi  pelaksanaan strategi pembelajaran dalam menumbuhkan minat baca siswa Sekolah Dasar. Pelaksanaan pengabdian di Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 pendakian berjalan lancar dan mendapat sambutan baik dari guru-guru. Semua guru hadir dan antusias mengikuti sosialisasi  tentang literasi dan mengimplementasikan strategi dalam menumbuhkan kemampuan literasi membaca siswa  Sekolah Dasar. Guru di SDM 2 Pendakian sudah dapat memahami tahapan pelaksanaan literasi di sekolah dasar dan dapat menerapkan strategi dalam proses pembelajaran di kelas untuk menumbuhkan kemampuan literasi membaca siswa. Kreativitas, ketekunan dan kemauan guru dalam menerapkan tahapan literasi di sekolah dasar dan melaksanakan strategi dalam pembelajaran literasi dapat meningkatkan literasi membaca siswa di sekolah tersebut.

Kata Kunci: Strategi Guru, Literasi, Membaca, Siswa SD

References

Billy Antoro. 2017. Gerakan Literasi Sekolah Dari Pucuk Hingga Akar Sebuah Refleksi. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Faizah, Dewi Utama dkk. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Harini, I. N. (2018). Tingkat Literasi Membaca Peserta Didik Kelas IV Di SD Muhammadiyah Bantul Kota. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 29–46.

Billy Antoro. (2017). Gerakan Literarsi Sekolah dari pucuk hingga kar sebuah refleksi.

Faizah, dewi susanti sufy, & Adi. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Sekolah Dasar. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Ibda, H. (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 1(1), 1–21. https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1064

Sari, I. F. R. (2018). Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 89–100. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.131

Hidayat, M. H., & Basuki, I. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 810–817.

Lubis, E. L. S. (2019). Peran Guru Dalam Menciptakan Pembelajaran Literasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V SD Negeri 050718 Cempa. Jurnal Sintaksis, 1(1), 7–7.

Atmazaki Dkk. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Doni Koesoema. 2017. Pedoman Penilaian dan Evaluasi Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2022-04-30
Abstract viewed = 104 times