PREDIKSI PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP KONTROL DIRI REMAJA MENGGUNAKAN METODE REGRESI LINIER PADA SISWA SMAN 3 BENGKULU TENGAH

Authors

  • Septri Damayanti Universitas Bengkulu
  • Amirah Zahra Universitas Bengkulu
  • Citra Washita Dwi Oktitania Universitas Bengkulu
  • Farizah Afiqah Universitas Bengkulu
  • Mazdalifah Khairat Nst Universitas Bengkulu
  • Sandri Prayuda Universitas Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jpmbr.v7i1.6373

Abstract

Penggunaan media sosial telah menjadi fenomena tak terpisahkan dari kehidupan remaja pada era digital saat ini. Namun, beriringan dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, terdapat kekhawatiran terkait dampaknya terhadap kontrol diri remaja sebagai generasi muda Indonesia. Remaja dengan kontrol diri yang rendah cenderung rentan terhadap perilaku berisiko dan isu kesehatan mental. Di sisi lain, berdasarkan indeks literasi digital Indonesia 2022, pencapaian digital skill masyarakat provinsi Bengkulu mencapai skor 3,47 dari skala 1-5. Sedikit lebih rendah dari pencapaian digital skill nasional yang memperoleh skor 3,52. Prediksi pengaruh intensitas penggunaan media sosial terhadap kontrol diri remaja merupakan upaya yang dilakukan guna meningkatkan kompetensi digital dan kecakapan karakter remaja muda Indonesia khususnya putra-putri provinsi Bengkulu. Upaya tersebut dikemas dalam program pengabdian kepada masyarakat, dalam hal ini yaitu siswa-siswi SMA Negeri 3 Bengkulu Tengah. Metode yang diterapkan untuk memprediksi keterkaitan penggunaan media sosial terhadap kontrol diri yaitu metode regresi linier. Hasil dari pelaksanaan program ini yaitu peningkatan wawasan siswa-siswi SMAN 3 Bengkulu Tengah tentang bagaimana media sosial dapat mempengaruhi pengendalian emosi dan kontrol diri serta peningkatan pemahaman terkait penerapan metode regresi linier yang dapat diukur dengan hasil pre test dan post test.

Kata Kunci: Remaja, Media Sosial, Kontrol Diri, Regresi Linier Sederhana

References

Agustini, P. (2023). Indeks Literasi Digital Indonesia Kembali Meningkat Tahun 2022.

Badan Pusat Statistik. (2022). Hasil Sensus Penduduk 2020.

Kementerian Kominfo. (2022). Indeks Literasi Digital Nasional.

Marsela, R., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri: Definisi dan Faktor. Journal of Innovative Counseling Theory, Practice and Research, 65-69.

Sekretariat Jenderal MPR RI. (2022). Perkembangan Teknologi Harus Dimanfaatkan untuk Memperkokoh Nilai-nilai Kebangsaan.

Setiadi, T. (2022). Perkembangan Teknologi Digital .

Setiawan, W. (2017). Era Digital dan Tantangannya. Seminar Nasional Pendidikan, (pp. 1-3).

Universitas Multi Media Nusantara. (2021). Simak Seberapa Pentingnya Pengolahan Data di Zaman Digital.

Published

2024-04-30
Abstract viewed = 19 times