Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Engagement Melalui Instagram Mbaknya.janjiuntung

Penulis

  • Dika Ayu Lestari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Dwi Fajarini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/madia.v5i1.7807

Abstrak

Komunikasi pemasaran adalah proses pengiriman
informasi yang relevan dan persuasif kepada target pasar
dengan tujuan untuk membangun kesadaran merek, dan
meningkatkan penjualan produk. Mbaknya.janjiuntung
menggunakan media Instagram sebagai media pemasaran
karena pengguna Instagram sangat pesat sehingga
memudahkan untuk mencari target pasar yang ditujukan
pada remaja dan aktif menggunakan Instagram. Tujuan
pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
komunikasi pemasaran pada toko Mbaknya.janjiuntung
dalam meningkatkan engagement lewat Instagram.
Penelitian ini menggunakan model sirkular SoMe Regina Luttrel, ada 4 elemen yang digunakan dalam pemasaran yaitu, pertama share dilakukan dalam memberikan informasi pemasaran produk, kemudian optimize dengan mengoptimalkan dalam melakukan pemasaran guna mencapai target, selanjutnya manage yaitu mengelola manajemen pemasaran untuk mencapai tujuan, terakhir engage keterlibatan dalam interaksi kepada konsumen. Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode kualitatif dengan melakukan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan pada informan yang memiliki  kriteria tertentu. Penelitian ini dilakukan pada lima orang diantaranya, Manager, pemegang akun instagram, content creator, dan pengguna instagram. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Mbaknya.janjiuntung dalam meningkatkan engagement melakukan beberapa hal yaitu, pembuatan konten yang relevan dan informatif, mengunggah foto atau video dengan kualitas dan konsisten, menggunakan hastag, stories Instagram dan siaran live, mengadakan event, memberikan informasi yang relate di mention pada postingan, berkolaborasi dengan influencer yang relevan dapat membantu menjangkau audience yang lebih besar dan meningkatkan engagement

 

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran,Engagement, instagram, @mbaknya.janjiuntung.

Diterbitkan

2024-12-31
Abstrak viewed = 2 times