PERAN EDUKATIF OLEH KOMUNITASBLOGGER BENGKULU DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL

Authors

  • Lina Azkiah PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
  • fitria yuliani PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.36085/.v2i1.3070

Abstract

Media sosial dimanfaatkan oleh para anggota komunitas Blogger Bengkulu dalam menjalankan perannya melalui progam kegiatan yang diadakan oleh komunitas Blogger tersebut. Pada penelitian ini, peneliti berfokus tentang bagaimana peran edukatif Blogger Bengkulu dalam meningkatkan literasi digital, dengan menggunakan model teori Laswell. Hasil penelitian ini yaitu tertuju pada 5 unsur teori Laswell yang berbunyi (siapa mengatakan apa, kepada siapa,dengan media apa, serta apa efeknya) tentu memiliki hubungan dengan adanya pemanfaatan media sosial oleh komunitas Blogger Bengkulu dalam menjalankan peran edukatifnya. Seperti adanya Blogger sebagai komunikator yang menyampaikan pesan edukatif berupa tulisan-tulisan yan di muat di channel blog para anggota Blogger sehingga terdapat efek berupa view, like, koment dan share.

 

Kata kunci :Peran, Media Sosial, Blogger

References

Hariyanto. 2014. Asessmen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Indriyana, Hasta. 2016 Mendorong Terciptanya Pembelajar Mandiri. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Generasi Cendekia dan Literat, di Fakultas Bahasa dan Seni Uiversitas Negeri Yogyakarta

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Social Perspektif Komunikasi, Budaya Dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Downloads

Published

25-01-2022

How to Cite

Azkiah, L., & yuliani, fitria. (2022). PERAN EDUKATIF OLEH KOMUNITASBLOGGER BENGKULU DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL. J-SIKOM, 2(1). https://doi.org/10.36085/.v2i1.3070

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 126 times