ANALISIS STRATEGI RASELNEWS DALAM PERSAINGAN MEDIA BARU PADA RADAR SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i1.3067Abstrak
Perkembangan teknologi dan persaingan media baru sekarang ini sangat berkembang luas, oleh karena itu masyarakat lebih beralih kepada informasi yag berbasis online. Karena dengan media online berita yang ditampilkan lebih efisien dan mempermudah masyarakat dalam mengakses berita. Salah satu pihak yang menerapkan media online adalah Radar Selatan dengan menciptakan media baru Raselnews.
Penelitian ini dengan tujuan untuk mengkaji bagaimana Analisis Strategi Raselnews dalam Persaingan Media Baru pada Radar Selatan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik analisis mendalam (in-depth analysis) dengan observasi, wawancara serta adanya dokumentasi tambahan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah tahap redukasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dengan menggunakan Teori Marketing Mix 7p melalui tujuh asumsi teori yaitu, Product, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Evidence.
Â
Kata Kunci :Strategi Raselnews, Media Baru, Radar Sealatan
Referensi
Basrowi dan Sukidin. (2002). Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Mikro. Surabaya: Insan Cendekia. Hal:2.
Miles, B.Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP. Hal:16.
Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP. Hal:17.
Moleong, LexyJ. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda karya. Hal:112.
Singarimbun, Masri dan Sofian Effendi. (2002). Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES. Hal:35.
Sobur, Alex. (2004). Semiotika Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda karya. Hal:114.
Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Remaja Rosda karya: Bandung. Hal:126.
Rakhmat, Jalaluddin. (1995). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosda karya. Hal:96.
Wright, Charles, R. (1992). Sosiologi Komunikasi Massa, Penyunting Jalaludin Rakhmat. Bandung: Remaja Karya