PEMANFAATAN MEDIA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS ONLINE DI MASA PANDEMI SD NEGERI 5 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i1.3063Abstrak
Pandemi COVID-19 yang melanda dunia menyebakan inovasi terhadap teknologi dalam melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk dalam sektor pendidikan yang harus memanfaatkan media online. Observasi dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriftif. Penelitian dianalisis menggunakan teori Divusi Inovasi.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa guru dan siswa dalam memanfaatkan media online menggunakan Whatsapp grub untuk melakukan diskusi pembelajaran, whatsapp photo dan whatsapp video untuk melakukan pengiriman tugas sekolah, whatsapp dokumen dimanfaatkan untuk melakukan ujian. Pembelajaran online dengan memanfaatkan Whatsapp dinilai efektif untuk dilakukan karena proses pembelajaran tetap berlangsung secara baik, materi pembelajaran yang ingin diberikan oleh guru dapat terserap dengan siswa, serta hasil yang diterima dalam proses pembelajaran online juga baik dilihat dari nilai raport siswa yang mengalami kenaikan. Jadi secara keseluruhan media Whatsapp sudah cukup efektif untuk diinovasikan menjadi media pembelajaran online.
Â
Kata Kunci : COVID-19. Pembelajaran Online, SDN 5 Kota Bengkulu
Referensi
Arief S, Sadiman. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Bungin. 2006.Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo
Burhan, Bungin.2007.Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta Jilid II : Raja Grafindo.
Hanafi, Abdillah. 1981. Memasyarakatkan Ide-ide Baru. Surabaya : Usaha Nasional.
Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Yudhistira
Vera, Nawiroh. 2016. Komunikasi Massa. Bogor: Ghalia Indonesia
Suprapto, Tommy, Pengantar Teori Komunikasi, Yogyakarta: Media Pressindo, 2006
Terry Flew. 2008. Media Baru : Sebuah Permulaan. Universitas Indonesia Press