UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA DI SD NEGERI 09 KOTA BENGKULU
Kata Kunci:
pembelajaran interaktif, motivasi belajar, bahasa Inggris, KKN, sekolah dasarAbstrak
Kegiatan pengabdian masyarakat melalui program KKN ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas 3 dan 4 SD Negeri 09 Kota Bengkulu pada materi self-introduction. Permasalahan yang dihadapi adalah rendahnya motivasi siswa kelas 4 dibandingkan kelas 3 yang lebih antusias meskipun terbatas kosakata dan pelafalan. Program dilaksanakan selama dua minggu dengan metode pembelajaran interaktif melalui pengenalan kosakata dasar, latihan perkenalan diri individu dan berpasangan, permainan edukatif, serta media audiovisual. Hasil menunjukkan peningkatan keterlibatan siswa kelas 4 dan terjaganya antusiasme kelas 3. Kegiatan ini juga memberikan alternatif strategi bagi guru untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris sejak dini dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah dasar.
Referensi
Aisy, R., & Jupri, A. R. (2022). Analysis Effect of Role-Playing Method Assisted by Audio Visual Media on Speaking Skills in Indonesian Language Learning for Elementary School Students. Jurnal Paedagogy, 9(3), 495. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5303
Awwal, A. I., Jafar, M., Suwarni, A., Inggris, P. B., Bone, U. M., Bone, K., & Selatan, S. (2024). Sosialisasi Pembelajaran Bahasa Inggris Terhadap SDN 65 Tampo dalam Membentuk Minat dan Literasi Siswa Berbahasa Inggris. 6, 159–170.
Jayanta, I. N. L., Suprianti, G. A. P., Ganing, N. N., & Utami, I. G. A. L. P. (2025). Digital Learning Innovation: Gamification-Based Smart Sistem Adaptif Mobile Learning Needs Analysis Using the Tri Kaya Parisudha Approach for English Language Learning. International Journal of Language Education, 9(2), 392–414. https://doi.org/10.26858/ijole.v1i2.75116
Khikmah, Mi., & Utami, P. P. (2021). The Use Of Video Material In Efl Online Learning For Portraying Students’perception: Self-Introduction. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1(1), 1–10.
Kurniati, E., Jufrizal, & Jufri. (2020). Communicative Games in Teaching English at Elementary Schools in Jambi. 411(Icoelt 2019), 45–50. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200306.009
Larasaty, G., Anggrarini, N., Efendi, N., & Wiralodra, U. (2022). Room of Civil Society Development " Fun English " sebagai Kegiatan dalam Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah Dasar di Indramayu. 1(4), 96–102.
Mauliska, N., & Angelo, J. F. D. (2024). THE IMPORTANCE OF LEARNING ENGLISH AT SCHOOL. 2(2), 53–57.
Risna, Wardani, I., & Asih, Y. U. (2025). The Correlation Impact Between Problem-Based Learning and Students Interest When Learning English In Junior High School. 4778, 3259–3268. https://doi.org/10.24256/ideas.
Rizky Pratiwi, W., Idriawien Gusti, H., Gusti Acfira, L., Maming, K., & Harmoko Arifin, A. (2023). Stimulating EFL Students’ Motivation and Eagerness to Speak through an English Village. 6. https://doi.org/10.31960/caradde.v6i1.1983
Rofi’i, A., Sumartini, S., Susilo, S. V., & Tundreng, S. (2023). Designing Mobile Games Application for Digitalization of English Teaching and Learning Materials for Elementary School. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 6(3), 488–500. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i3.66234
Romadlon, F. N., & Annasih, S. (2021). ENGLISH LEARNING MOTIVATION OF STUDENTS IN MADRASAH DINIYAH (ISLAMIC NON-FORMAL SCHOOL). 98–107.
Susnawati, K., & A.A.I.N., M. (2020). The Effect of Language Games with Audio Visual AIDS on Students’ Speaking Competence at Fourth Graders of Tunas Daud Elementary School. Journal of Education Research and Evaluation, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jere.v4i1.21725
Tania, M. (2025). Roleplay Based English Language Learning Strategies and Interactive Programs to Improve the Speaking Skills and Interest of Elementary School Students in Rural Areas in Indonesia -Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1147–1154. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6697
Tauhid, K., Iswara, D. M., Damayanti, D., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., … Djuanda, U. (2024). POLA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH. 3, 3297–3305.
Zakaria, R. (2021). Games As Warming Up Activities in the Classroom for Indonesian EFL Students. KnE Social Sciences, 2021, 266–276. https://doi.org/10.18502/kss.v5i3.8549
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







