UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA SISWA DI SD NEGERI 09 KOTA BENGKULU
Keywords:
pembelajaran interaktif, motivasi belajar, bahasa Inggris, KKN, sekolah dasarAbstract
Kegiatan pengabdian masyarakat melalui program Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris siswa kelas 3 dan 4 di SD Negeri 09 Kota Bengkulu pada materi self-introduction. Permasalahan yang melatarbelakangi kegiatan ini adalah adanya perbedaan motivasi belajar antarjenjang, di mana siswa kelas 3 menunjukkan antusiasme tinggi meskipun masih terbatas dalam kosakata dan pelafalan, sedangkan siswa kelas 4 yang lebih matang secara kognitif justru cenderung pasif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kegiatan dilaksanakan selama dua minggu menggunakan metode pembelajaran interaktif berbasis partisipasi aktif siswa, meliputi pengenalan kosakata dasar, latihan perkenalan diri individu dan berpasangan, permainan edukatif, serta pemanfaatan media audiovisual. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keterlibatan dan motivasi belajar siswa kelas 4 serta terjaganya antusiasme siswa kelas 3. Guru dan sekolah juga memperoleh alternatif strategi pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan. Dengan demikian, kegiatan ini berkontribusi nyata terhadap peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar serta memperkuat peran KKN dalam mendukung inovasi pendidikan di tingkat dasar.
References
Aisy, R., & Jupri, A. R. (2022). Analysis Effect of Role-Playing Method Assisted by Audio Visual Media on Speaking Skills in Indonesian Language Learning for Elementary School Students. Jurnal Paedagogy, 9(3), 495. https://doi.org/10.33394/jp.v9i3.5303
Awwal, A. I., Jafar, M., Suwarni, A., Inggris, P. B., Bone, U. M., Bone, K., & Selatan, S. (2024). Sosialisasi Pembelajaran Bahasa Inggris Terhadap SDN 65 Tampo dalam Membentuk Minat dan Literasi Siswa Berbahasa Inggris. 6, 159–170.
Jayanta, I. N. L., Suprianti, G. A. P., Ganing, N. N., & Utami, I. G. A. L. P. (2025). Digital Learning Innovation: Gamification-Based Smart Sistem Adaptif Mobile Learning Needs Analysis Using the Tri Kaya Parisudha Approach for English Language Learning. International Journal of Language Education, 9(2), 392–414. https://doi.org/10.26858/ijole.v1i2.75116
Khikmah, Mi., & Utami, P. P. (2021). The Use Of Video Material In Efl Online Learning For Portraying Students’perception: Self-Introduction. Jurnal Pendidikan Tambusai, 1(1), 1–10.
Kurniati, E., Jufrizal, & Jufri. (2020). Communicative Games in Teaching English at Elementary Schools in Jambi. 411(Icoelt 2019), 45–50. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200306.009
Larasaty, G., Anggrarini, N., Efendi, N., & Wiralodra, U. (2022). Room of Civil Society Development " Fun English " sebagai Kegiatan dalam Pengajaran Bahasa Inggris untuk Anak Sekolah Dasar di Indramayu. 1(4), 96–102.
Mauliska, N., & Angelo, J. F. D. (2024). THE IMPORTANCE OF LEARNING ENGLISH AT SCHOOL. 2(2), 53–57.
Risna, Wardani, I., & Asih, Y. U. (2025). The Correlation Impact Between Problem-Based Learning and Students Interest When Learning English In Junior High School. 4778, 3259–3268. https://doi.org/10.24256/ideas.
Rizky Pratiwi, W., Idriawien Gusti, H., Gusti Acfira, L., Maming, K., & Harmoko Arifin, A. (2023). Stimulating EFL Students’ Motivation and Eagerness to Speak through an English Village. 6. https://doi.org/10.31960/caradde.v6i1.1983
Rofi’i, A., Sumartini, S., Susilo, S. V., & Tundreng, S. (2023). Designing Mobile Games Application for Digitalization of English Teaching and Learning Materials for Elementary School. Indonesian Journal of Educational Research and Review, 6(3), 488–500. https://doi.org/10.23887/ijerr.v6i3.66234
Romadlon, F. N., & Annasih, S. (2021). ENGLISH LEARNING MOTIVATION OF STUDENTS IN MADRASAH DINIYAH (ISLAMIC NON-FORMAL SCHOOL). 98–107.
Susnawati, K., & A.A.I.N., M. (2020). The Effect of Language Games with Audio Visual AIDS on Students’ Speaking Competence at Fourth Graders of Tunas Daud Elementary School. Journal of Education Research and Evaluation, 4(1), 73. https://doi.org/10.23887/jere.v4i1.21725
Tania, M. (2025). Roleplay Based English Language Learning Strategies and Interactive Programs to Improve the Speaking Skills and Interest of Elementary School Students in Rural Areas in Indonesia -Systematic Literature Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 1147–1154. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6697
Tauhid, K., Iswara, D. M., Damayanti, D., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., … Djuanda, U. (2024). POLA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH. 3, 3297–3305.
Zakaria, R. (2021). Games As Warming Up Activities in the Classroom for Indonesian EFL Students. KnE Social Sciences, 2021, 266–276. https://doi.org/10.18502/kss.v5i3.8549
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Rafflesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.







