ANALISIS STRATEGI PEMASARAN TOKO REGINA KOSMETIK DALAM MENINGKATKAN DAYA TARIK KONSUMEN
DOI:
https://doi.org/10.36085/jsikom.v6i2.9356Abstrak
Penelitian ini berjudul Strategi Komunikasi Pemasaran Toko Regina Kosmetik Arga Makmur Dalam Meningkatkan Daya Tarik Konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana toko Regina Kosmetik Arga Makmur menggunakan strategi komunikasi pemasaran untuk meningkatkan minat konsumen. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan fokus pada deskripsi. Konsep strategi komunikasi pemasaran dan Teori bauran pemasaran 4P menjadi landasan utama dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan 6 informan yang terdiri dari 1 owner toko Regina Kosmetik, 1 karyawan lama di toko tersebut, dan 4 konsumen yang dianggap relevan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung, wawancara mendalam, dokumentasi, serta studi kepustakaan terhadap informan. Pendekatan ini dirancang untuk memperoleh data yang akurat dan sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang digunakan oleh toko Regina Kosmetik untuk meningkatkan daya tarik konsumen melibatkan bauran pemasaran, khususnya melalui promosi menggunakan media sosial Facebook dan penawaran diskon yang terjangkau. Hal ini berhasil menarik minat banyak pelanggan untuk berbelanja di toko Regina Kosmetik, sehingga meningkatkan daya beli konsumen secara signifikan. Toko Regina Kosmetik ini banyak menjualakan produk yang baru dan mengikuti trend yang ada pada zaman sekarang, tempat dari toko Regina Kosmetik ini juga letaknya strategis dekat dengan pasar jadi konsumen mudah untuk mencari toko tersebut selain itu juga toko Regina ini menjual produk dengan harga yang cukup terjangkau murah sehingga konsumen tertarik berbelanja di Regina Kosmetik Arga Makmur. Akan tetapi diharpkan lagi toko Regina Kosmetik seharusnya juga menggunakan semua media gunanya agar toko Regina Kosmetik juga lebih dikenal lagi.
Kata Kunci: Toko Regina Kosmetik, Marketing Mix 4P, Daya Tarik Konsumen







