ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI PADA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Ciacin Putri Embun Sari Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eceh Trisna Ayuh Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i2.3057

Abstract

Fenomena transportasi online hampir ada di setiap provinsi yang ada di Indonesia, salah satunya yaitu provinsi Bengkulu yang saat ini juga terkena fenomena transportasi online ini, melihat adanya kebutuhan di era sekarang menjadikan bisnis transportasi online semakin banyak jenis dan ragamnya serta menambah persaingan sesama transportasi online di kota Bengkulu. Pada penelitian ini berfokus tentang bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh pihak transportasi online untuk eksistensi dalam persaingan di kota Bengkulu, dengan menggunakan metode kualitatif dan teori Marketing Mix 7P. Hasil penelitian ini yaitu bahwa teori marketing mix 7p melalui 7 unsurstrategipemasarandidalamnya (product, price, place, promotion, People, Process, Physical Evidence)yaitubahwa transportasi online Maxim menawarkanjasatransportasiberbasis online yang dapatdigunakan di kota Bengkulu maupunluarkotadenganmemberikanharga yang lebihmurahdankualitaspelayanan yang baik serta juga adanya potongan harga, memilikisumberdayamanusia yang mempuni, danberpengalaman. Serta adanya ciri khas yaitu warna kuning sebagai branding dan promosi yang dilakukan dengan cara konvensional maupun dengan bantua sosial media sebagaibentukstrategidalam menjaga eksistensi mereka dalam persaingan dengan kompetitor lainnya yang ada di kota Bengkulu.

Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Transportasi Online

References

Arief S, Sadiman. 2010. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Bungin. 2006.Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo

Burhan, Bungin.2007.Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta Jilid II : Raja Grafindo.

Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Yudhistira

Mulyana, Deddy, 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung : Remaja RosdaKarya.

Schiffman, dan Kanuk, 2010. Perilaku Konsumen Edisi 10, USA:Prentice Hall Inc.

Suprapto, Tommy, Pengantar Teori Komunikasi, Yogyakarta: Media Pressindo, 2006

Downloads

Published

25-01-2022

How to Cite

Embun Sari, C. P., & Ayuh, E. T. (2022). ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSI PADA TRANSPORTASI ONLINE DI KOTA BENGKULU. J-SIKOM, 1(2). https://doi.org/10.36085/j-sikom.v1i2.3057

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 409 times