STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BENGKULU TENGAH DALAM SOSIALISASI PEMANFAATAN APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL

Authors

  • Putri Welan Permata Sari Program Studi Ilmu Komunikasi
  • Eceh Trisna Ayuh Program Studi Ilmu Komunikasi

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsikom.v5i1.6400

Abstract

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bengkulu Tengah sebagai salah satu instansi pemerintahan di wilayah tersebut dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi guna meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kualitas pelayanan dalam hal pencatatan kependudukan. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mengkaji secara mendalam strategi komunikasi yang diimplementasikan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bengkulu Tengah dalam menjalankan proses sosialisasi aplikasi kependudukan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan menganalisis konteks, karakteristik, dan makna dari fenomena yang diteliti. Dalam metode nya, peneliti mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi, dan Dokumentas. Strategi Komunikasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bengkulu Tengah Dalam Sosialisai Pemanfaatan Aplikasi Identitas Digital ini berdasarkan hasil penelitian dengan mengunakan teori komunikasi interpersonal Joseph DeVito yaitu: Keterbukaan Pada saat kegiatan sosialisasi di lakukan pegawai dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten bengkulu terbuka akan informasi yang di sampaikan. Empati petugas dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten bengkulu melikat situasi dan kondisi maasyarakat dimana, tidak memaksa untuk bisa mendowload aplikasi identitas kependudukan digital kepada masyarakat yang belum memiliki handphone android di atas versi 7. 3Sikap mendudukung Dalam melakukan kagiatan sosialisasi pegawai dinas berpenampilan rapi, bersih dan bersikap sopan santun. Sikap positif petugas dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten bengkulu senantiasa menghargai setiap masyarakat yang ditemuinya, dengan meberikan penjelasan mendalam kepada masyarakat yang belum memahami kan informasi yang di terima. 5Kesetaraan, petugas dinas kependudukan dan pencatatan sipil kabupaten bengkulu bisa menyesuaikan diri, bersikap sabar dan tenang serta tidak membedabedakan perlakukan terhadap masyarakat.

 

Keywords:
Strategi Komunikasi, Dukcapil Bengkulu Tengah, Aplikasi

Published

15-05-2024

How to Cite

Permata Sari, P. W. ., & Ayuh, E. T. (2024). STRATEGI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN BENGKULU TENGAH DALAM SOSIALISASI PEMANFAATAN APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL. J-SIKOM, 5(1), 73–86. https://doi.org/10.36085/jsikom.v5i1.6400
Abstract viewed = 35 times