DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA RT 12 RW 05 KELURAHAN JALAN GEDANG KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU

Authors

  • Muhammmad Riko Purwanto Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • ECEH TRISNA AYUH Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i2.3097

Abstract

Latar belakang Penelitian ini adalah Hampir setiap individu mulai dari anak-anak hingga orang tua kini memiliki handphone atau gadget. Tentu saja hal ini bukan hanya terjadi tanpa alasan karena daya konsumsi dan kebutuhan masyarakat saat ini sudah sangat jauh berbeda dibandingkan beberapa dekade ke belakang. Kini kebutuhan akan komunikasi dan informasi menjadi hal yang paling penting bagi semua kalangan masyarakat. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini di lingkungan Keluarga RT 12 RW 05 Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Dampak penggunaan gadget pada anak usia dini di lingkungan Keluarga RT 12 RW 05 Kelurahan Jalan Gedang Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu. Data dikumpulkan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi jenis penelitian ini adalah kualitatif. Teknik analis data yang digunakan yaitu terdiri dari reduksi data, tahap peyajian data dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti kepada anak usia dini maka dapat disimpulkan bahwa Gadget ialah suatu benda atau barang yang diciptakan khusus di era yang serba maju ini dengan tujuan untuk membantu segala sesuatu menjadi mudah dan praktis dibandingkan teknologi-teknologi sebelumnya. Ketertarikan anak pada gadget tidak luput dari pengaruh lingkungan yang dominan dengan penggunaan gadget. Durasi pemakaian yang lama dan sering menimbulkan perkembangan  anak tidak akan optimal dengan gadget.Dampak yang digunakan dalam penilitian ini yaitu menggunakan teori Perubahan Sosial yaitu pola prilaku dan interaksi social menunjukan tingkah laku seseorang dan merupakan  pola perilaku setiap orang bisa saja berbeda tetapi proses terjadinya adalah mendasar bagi semua individu, yakni dapat terjadi karena disebabkan, digerakkan dan ditunjukkan pada sasaran sedangkan interaksi sosial adalah hubungan antara individu satu dengan individu lain, individu satu dapat mempengaruhi individu yang lain atau sebaliknya, sehingga terdapat hubungan yang saling timbal balik.

 

Kata kunci : Dampak Gadget, Anak Usia Dini

References

Al-Ayouby, M. Hafiz. (2017). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini (Studi Di Paud Dan Tk.Handayani Bandar Lampung). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Ari, Kusuma Sulyandari. (2019). Pengaruh Gadget Pada Perkembangan Anak Usia Dini. PGRA, FAI: Universitas Islam Malang. Volume I Nomor 1

Baskoro, Adi. (2009). Panduan Praktis Searching di Internet. Jakarta: TransMedia. Basrowi. 2014. Pengantar Sosiologi. Bogor: Ghalia Indonesia

Bimo Walgito, 2007, Psikologi Kelompok, Andi Offset, Yogyakarta

Bungin, Burhan. (2007). Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Putra Grafika

Creswell, John W. (2010). Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fahrul, M. (2010). Pengertian Game Online dan Dampak. Jakarta: Media Anak

Fatty, Faiqah. (2016). Youtube sebagai sarana komunikasi bagi komunitas Makassar vidgram. Universitas Hasanuddin. Vol. 5 No.2

Hartati. (2007). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Idrus, M. (2009). Metode penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gelora Akasara Pratama. Jalaluddin Rakhmat. 2001. psikologi komunikasi edisi revisi.bandung: PT remaja rosdakarya. JE, Hosio. (2007). Kebijakan Publik dan Desentralisasi. Yogyakarta: Laksbang

Jonathan, dkk. (2015). Perancangan Board Game Mengenai Bahaya Radiasi Gadget Terhadap Anak.

Surabaya: Universitas Kristen Pertra Surabaya

Kamus Besar Bahasa Indonesia (2008). Pusat Bahasa. Departemen Pendidikan Nasional Indonesia: Gramedia Pustaka Utama

Kusum,. Yuliandi dan D. Ardhy Artanto. (2011). Internet untuk Anak Tercinta. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Kuswarno, Engkus (2009). Metedologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi; Konsepsi, Pedoman, dan Contoh Penelitian. Bandung: Widya Padjajaran

Martono, Nanang. 2012. “Sosiologi Perubahan Sosial :Perspektif Klasik, Modern Postmodern, dan Poskolonialâ€. Rajawali Pers : Jakarta

Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP

Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: remaja Rosdakarya.

Nucci dan Narvaez. (2010). Handbook Pendidikan Moral dan Karakter (Handbook of Moral and Character Education). Bandung: Nusa Media.

Otto Soemarwoto. (1998). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan. Yogyakarta: University Gadjah Mada.

Partowisastro, R. 2003. Perbandingan konsep diri dan Interaksi Sosial anak-anak remaja WNI asli dengan keturunan Tionghoa. Laporan Penelitian. Yogyakarta : Fakultas Psikologi UGM.

Ranjabar, Jacobus. Sistem Sosial Budaya Indonesia (suatu pengantar), Bandung: Alfabeta, 2015.

Samuel Henry. (2001). Cerdas dengan Game Panduan Praktis bagi Orangtua dalam Mendampingi

Anak Bermain Game. Yogyakarta: Kompas Gramedia.

Santoso, S. (2004). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta.

Sarwono, Sarlito W. & Eko A. Meinarno. (2009). Psikologi Sosial. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Soekanto, S. 2002. Sosiologi : Suatu Pengantar. Jakarta : Rajawali.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Trinika, Yulia. (2015). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3- 6 Tahun) Di Tk Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015. Program Studi Keperawatan Fakultas Kedokteran : Universitas Tanjungpura Pontianak.

Widiawati. (2014). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Daya Kembang Anak. Jakarta: Universitas Budi Luhur. E-journal Keperawatan.

Yulia Trinika. (2015). “Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 tahun)â€. Pontianak: Universitas Tanjungpura. Fakultas Kedokteran, 2015

Downloads

Published

21-12-2020

How to Cite

Purwanto, M. R., & AYUH, E. T. (2020). DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI DI LINGKUNGAN KELUARGA RT 12 RW 05 KELURAHAN JALAN GEDANG KECAMATAN GADING CEMPAKA KOTA BENGKULU. J-SIKOM, 2(2). https://doi.org/10.36085/j-sikom.v2i2.3097

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 253 times