PENGGUNAAN ALAT PERAGA BANGUN DATAR SEGIEMPAT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV DI SDN 190 BENGKULU UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36085/sa.v2i2.5607Abstract
Pentingnya penggunaan alat bantu visual dalam pembelajaran matematika tujuannya adalah untuk membantu siswa memahami konsep matematika abstrak dan teoritis. Alat peraga dapat membantu menjelaskan atau melibatkan konsep matematika dalam kegiatan belajar mengajar sehingga apa yang diajarkan mudah dipahami oleh siswa. Adapun tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk mengetahui penggunaan alat peraga bangun datar segiempat pada pembelajaran matematika kelas iv di sdn 190 Bengkulu utara. Metode yang digunakan dalam penulis jurnal ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data: observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga bangun datar segi empat dalam kegiatan belajar dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran matematik siswa kelas IV, selain meningkatkan pemahaman siswa juga dapat meningkatkan kerja sama antar siswa, kemandirian siswa, dan meningkatkan kemampuan motorik siswa, sehingga dapat dipahami bahwa media kotak pintar cukup efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kegunaan media pembelajaran kotak pintar ini adalah melatih konsentrasi anak, melatih kesabaran, melatih motorik anak, belajar mengelompokkan huruf dan angka secara sederhana serta menumbuhkan gairah semangat belajar pada anak.
Kata Kunci: Alat Peraga, bangun Datar, Segi Empat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Puput Puput, Selvi Riwayati, Rahmat Jumri, Winda Ramadianti, Nyayu Masyita Ariani, Risnanosanti, Mardiah Syofiana
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.