STRATEGI PENINGKATAN DAN CARA MEMASARKAN UMKM KERUPUK MERAH DI DESA AIR MELES BAWAH

Authors

  • Syabrina Azahara Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Ummi Kalsum Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Romadhona Kusuma Yudha Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Rahmat Jumri Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.7036

Abstract

Tujuan Pengabdian ini mengetahui potensi pemasaran produk kerupuk merah berbahan dasar ubi singkong, menganalisis strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saing produk UMKM berbasis kearifan local, mendorong pengembangan ekonomi lokal melalui pengolahan dan pemasaran produk berbasis sumber daya alam. Metode pengabdian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan observasi langsung pada pelaku UMKM pembuat kerupuk merah, wawancara dengan produsen dan konsumen mengenai persepsi dan strategi pemasaran, studi literatur terkait pengembangan UMKM dan strategi pemasaran digital, analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk menilai kekuatan dan tantangan dalam memasarkan produk kerupuk merah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kerupuk merah memiliki keunikan rasa dan tampilan yang menarik, namun kurang dikenal di pasar nasional, strategi pemasaran offline seperti partisipasi di pasar tradisional dan pameran produk lokal terbukti meningkatkan kesadaran merek, Pemasaran online, khususnya melalui media sosial dan marketplace, mampu menjangkau konsumen lebih luas dan meningkatkan penjualan, UMKM yang aktif menerapkan strategi digital mengalami peningkatan omset hingga 30% dalam 6 bulan.

References

Badan Pusat Statistik. (2023). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II 2023.

Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2023). Data UMKM Nasional.

Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois, B. (2016). Marketing Management, 15e édition. New Jersy: Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Kurniawati, T., Irawan, B., & Prasodjo, A. (2019). Analisis pengaruh kualitas Pemasaran

Ririn, & Mastuti. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Riyadi, H. (2010). Politik Singkong Zaman Kolonial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Ririn Tri Ratnasari, Mastuti H Aksa. 2011. Edisi 1. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor. Ghalia Indonesia

Saladin, D. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.

Srijani, N., & Hidayat, A. S. (2017). Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di aston madiun hotel & conference center. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1)

Downloads

Published

2025-07-07

How to Cite

Syabrina Azahara, Ummi Kalsum, Romadhona Kusuma Yudha, & Rahmat Jumri. (2025). STRATEGI PENINGKATAN DAN CARA MEMASARKAN UMKM KERUPUK MERAH DI DESA AIR MELES BAWAH. Setawar Abdimas, 4(2), 87–92. https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.7036

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times