STRATEGI PENINGKATAN DAN CARA MEMASARKAN UMKM KERUPUK MERAH DI DESA AIR MELES BAWAH
DOI:
https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.7036Abstract
Tujuan Pengabdian ini mengetahui potensi pemasaran produk kerupuk merah berbahan dasar ubi singkong, menganalisis strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan daya saing produk UMKM berbasis kearifan local, mendorong pengembangan ekonomi lokal melalui pengolahan dan pemasaran produk berbasis sumber daya alam. Metode pengabdian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan observasi langsung pada pelaku UMKM pembuat kerupuk merah, wawancara dengan produsen dan konsumen mengenai persepsi dan strategi pemasaran, studi literatur terkait pengembangan UMKM dan strategi pemasaran digital, analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk menilai kekuatan dan tantangan dalam memasarkan produk kerupuk merah. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kerupuk merah memiliki keunikan rasa dan tampilan yang menarik, namun kurang dikenal di pasar nasional, strategi pemasaran offline seperti partisipasi di pasar tradisional dan pameran produk lokal terbukti meningkatkan kesadaran merek, Pemasaran online, khususnya melalui media sosial dan marketplace, mampu menjangkau konsumen lebih luas dan meningkatkan penjualan, UMKM yang aktif menerapkan strategi digital mengalami peningkatan omset hingga 30% dalam 6 bulan.
References
Badan Pusat Statistik. (2023). Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II 2023.
Kementerian Koperasi dan UKM RI. (2023). Data UMKM Nasional.
Kotler, P., Keller, K. L., Manceau, D., & Dubois, B. (2016). Marketing Management, 15e édition. New Jersy: Pearson Education.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.
Kurniawati, T., Irawan, B., & Prasodjo, A. (2019). Analisis pengaruh kualitas Pemasaran
Ririn, & Mastuti. (2011). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.
Riyadi, H. (2010). Politik Singkong Zaman Kolonial. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ririn Tri Ratnasari, Mastuti H Aksa. 2011. Edisi 1. Teori dan Kasus Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor. Ghalia Indonesia
Saladin, D. (2016). Manajemen Pemasaran. Bandung: Linda Karya.
Srijani, N., & Hidayat, A. S. (2017). Pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pelanggan di aston madiun hotel & conference center. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 7(1)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Syabrina Azahara, Ummi Kalsum, Romadhona Kusuma Yudha, Rahmat Jumri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.