PENGUATAN KARAKTER ANAK TAMAN PENDIDIKAN AL QUR'AN DI KELURAHAN BEDENG SS

Authors

  • Heriyanto Agustinus Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Ummi Kalsum Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Meirani Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/sa.v4i1.7095

Abstract

Pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu usaha membentuk karakter anak melalui Taman Pembelajaran Al-Qur'an (TPQ). TPQ merupakan metode untuk mengajar dan mengembangkan karakter anak, karena TPQ mendidik anak sejak keciluntuk mengenal, memahami, mempelajari, dan menerapkan pendidikan Islam sebagai pedoman hidup dalam diri dan karakter mereka di masa depan, karena dalam era kontemporer menerapkan pendidikan dalam Islam Bedeng ss, adalah salah satu yang ada di distrik Kotapadang apa mandiri dan menerapkan pendidikan Islam melalui sekolah Al-Quran. Dalam upaya untuk menumbuhkan karakter seorang anak yang bermoral dan kepribadian beragama Islam Kelurahan sejak awal Bedeng SS tetapberupaya mengembangkan dan menerapkan pendidikan Islam melalui TPQ. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah pendampingan secara langsung, seperti kegiatan belajar Iqra, membaca AlQuran, menyaksikan tayangan yang memiliki nilai edukasi, dan bimbingan belajar. Melalui TPQ yang ada di Kelurahan Bedeng SS diharapkan mampu menumbuhkan karakter anak sejak dini yang memegang teguh Nilai-nilai Agama Islam. Pada dasarnya TPQ berperan penting dalam meningkatkan kualitas taraf Pendidikan Islam di Masyrakat, Sehingga mampu membangun generasi muda yang berakhlakul karimah dan berjiwa islamiyah di zaman modern ini.

References

Budiarti, R. P. N., Magfira, D. B., Meutia, N. S., & Ghofirin, M. (2022). Peningkatan Digitalisasi Melalui Pembuatan Website di Taman Pendidikan Al-Qur’an Nurul Haqq Sidoarjo. Khaira Ummah, 1(02), 129-136.

Fahrurrozi, M., & Fahrurroz, M. (2020). Pengembangan Pendidikan Karakter di TPA (Taman

Pendidikan Al-Qur’an) Ittihadil Ummah Karang Anyar Kota Mataram. TARLIM Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 89–99.

Halim, A., Zamroni, A., Ahdi, W., & Shobirin, M. S. (2022). Pembelajaran Al-Qur’an di Taman Pendidikan al-Qur’an Roudlotul Tholabah Dusun Jemparing Desa Pakel. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 50-54.

Hidayah, Y., Suyitno, S., & Retnasari, L. (2019). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Sebagai Pusat Pendidikan Karakter Religus (Pengabdian di TPQ Silastra Condong Catur, TPQ Darul Falah Maguwo Harjo Maguwo Harjo, TPA Al-Huda Caturtunggal, Yogyakarta). Loyalitas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 146-153.

Indra, H. (2020). Taman Pendidikan Al-Qur’an Berbasis Pendidikan Manusia. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 150–164. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.134

Kusuma, Y. B., & Soraya, S. Z. (2023). Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Pusat Pendidikan Karakter Religius. Al-Ijtimā: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 297- 305.

Mandasari, Y., Ahmad, A., Yulianti, N., Sufanti, M., & Rahmawati, L. E. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Profetik melalui Optimalisasi Peran Taman Pendidikan Al-Quran di Sumberjatipohon, Grobogan. Buletin KKN Pendidikan, 3(1), 100-106.

OKTIVIANA, Nindia, et al. Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Sarana Pembentukan Karakter Religius Pada Anak di Kelurahan Sedayu. NYIUR-Dimas: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2023, 3.2: 62-73.

Quraini, L. F., Hasan, M. M., Hukum, F., Abdurachman, U., Situbondo, S., Pertanian, F., Abdurachman, U., & Situbondo, S. (2024). PEMBIMBINGAN DALAM PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR ’ AN ( TPQ ) AL-KAROMAH KALIBAGOR. 68–72.

Sholihah, A. M., & Maulida, W. Z. (2020). Pendidikan Islam sebagai Fondasi Pendidikan Karakter. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(01), 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01

Downloads

Published

2025-01-20

How to Cite

Heriyanto Agustinus, Ummi Kalsum, & Meirani. (2025). PENGUATAN KARAKTER ANAK TAMAN PENDIDIKAN AL QUR’AN DI KELURAHAN BEDENG SS. Setawar Abdimas, 4(1), 34–39. https://doi.org/10.36085/sa.v4i1.7095

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 15 times