PENGELOLAAN MASJID NURUL ISLAM SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER UMAT DI REJANG LEBONG

Authors

  • Faizhal Febrian Tsany Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Meirani Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Hilyati Milla Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Mariska Pratimi Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.7148

Abstract

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengoptimalkan fungsi Masjid Nurul Islam di Kecamatan Pasar Tengah, Kabupaten Rejang Lebong, sebagai pusat pendidikan Islam dalam membentuk karakter masyarakat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program meliputi tiga tahapan utama Perencanaan kegiatan, mencakup penyusunan program pengajaran dan pembinaan karakter yang berbasis nilai-nilai Islam, Silaturrahim dan wawancara bersama imam masjid, guna menggali informasi mendalam terkait kondisi masjid, tantangan, serta kebutuhan pendidikan dan pembinaan masyarakat di sekitar masjid, Pelaksanaan kegiatan, yang terdiri dari Pengajian rutin Majelis Ta’lim, dengan tema-tema akidah, akhlak, dan fiqih sehari-hari. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa Masjid Nurul Islam memiliki peran strategis sebagai pusat pendidikan Islam yang aktif dan mampu meningkatkan kesadaran serta partisipasi masyarakat. Beberapa hasil yang jelas dari kegiatan ini antara lain Peningkatan jumlah peserta TPQ sebesar 40%, dari semula 25 anak menjadi 35 anak dalam waktu dua bulan, Keterlibatan aktif masyarakat dalam pengajian meningkat, terlihat dari kehadiran jamaah pengajian yang sebelumnya rata-rata 15 orang kini menjadi lebih dari 30 orang setiap sesi, Pembentukan kelompok remaja masjid (Remas) yang terstruktur, dengan program mingguan seperti kajian remaja dan pelatihan baca Al-Qur’an, Terjalinnya kolaborasi antara mahasiswa dan pengurus masjid, yang menghasilkan program kerja bersama selama tiga bulan ke depan untuk pengembangan kegiatan keagamaan, Peningkatan literasi keislaman masyarakat, yang tercermin dalam wawancara pasca-kegiatan, di mana 80% responden menyatakan mendapatkan pemahaman baru yang bermanfaat dari kegiatan-kegiatan yang diadakan.

References

Durrotunnisa, & Nur, H. R. (2020). Optimalisasi Peran Masjid sebagai Sarana Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Basicedu, 5(5), 3(2), 524–532. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/971

Hermawan, A. (2012). Peran Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Akhlak Remaja. Skirpsi, 1–12.

Rivki, M., Bachtiar, A. M., Informatika, T., Teknik, F., & Indonesia, U. K. (n.d.). FUNGSI MASJID NURUL HUDA SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM NONFORMAL ( STUDI KASUS DI DESA TROSO KECAMATAN KARANGANOM ). 112, 1–9.

Suryawati, E. (2021). Pemberdayaan Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam. Al-Rabwah, 15(02), 60–69. https://doi.org/10.55799/jalr.v15i02.124

Tasmin, M. (2020). Konsep Masjid Sebagai Pusat Pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 4(02), 229– 243. https://doi.org/10.37274/rais.v4i02.330

Downloads

Published

2025-07-07

How to Cite

Faizhal Febrian Tsany, Meirani, Hilyati Milla, & Mariska Pratimi. (2025). PENGELOLAAN MASJID NURUL ISLAM SEBAGAI PUSAT PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBENTUK KARAKTER UMAT DI REJANG LEBONG. Setawar Abdimas, 4(2), 93–98. https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.7148

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times