PENGENALAN NILAI NILAI PENDIDIKAN DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SDN 159 REJANG LEBONG
DOI:
https://doi.org/10.36085/sa.v4i1.7150Abstract
Pembentukan karakter siswa SDN 159 Rejang lebong merupakan salah satu tujuan utama dalam pendidikan, yang bertujuan untuk mengembangkan individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki moralitas yang tinggi. Implementasi nilai-nilai pendidikan dalam pembentukan karakter siswa mencakup penanaman nilai-nilai seperti kejujuran, disiplin, tanggung jawab, kerja sama, dan rasa hormat. Kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana nilai-nilai pendidikan diimplementasikan dalam pembentukan karakter siswa, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat proses tersebut. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi para pendidik dalam mengoptimalkan strategi pendidikan karakter di sekolah. Pendidikan karakter memiliki peranan penting dalam pembinaan moral siswa yang berkaitan dengan konsep moral, sikap moral, dan perilaku moral. Ketiga aspek tersebut harus mendapat dikembangkan agar dapat mewujudkan siswa yang berkarakter mulia. Sehubungan dengan konsep manajemen sekolah pendidikan karakter perlu diinternalisasikan melalui kegiatan pembelajaran, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan intrakurikuler. Pembentukan karakter melalui faktor lingkungan dapat dilakukan melalui beberapa strategi, antara lain yaitu, observasi keteladanan, pelaksana dan cerita , cerita dan yang dilakukan secara konsisten dan penguatan. Dengan kata lain, perkembangan dalam pembentukan karakter memerlukan keteladanan yang ditularkan, intervensi melalui proses pembelajaran, pelatihan, pembiasaan terus-menerus dalam jangka panjang yang dilakukan secara kontinu dan penguatan, serta harus diimbangi dengan nilai-nilai luhur.
References
Bahri, Saiful. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 1 (2015): 57–76. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.57-76.
Faiz, Aiman, and Purwati. “Peran Guru Dalam Pendidikan Moral Dan Karakter.” Journal Education and Development 10, no. 2 (2022): 315–18.
Mayasari, Annisa, and Opan Arifudin. “Penerapan Model Pembelajaran Nilai Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Antologi Kajian Multididiplin Ilmu[Al-Kamil] 1, no. 1 (2023): 47–59.
Nasucha, Juli Amaliya. “Nilai Karakter Pada Mata Pelajaran PAI Dalam Kurikulum 2013 (Analisis Buku Siswa Tingkat 1 Di Sekolah Dasar).” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 1 (2019). https://doi.org/10.31538/nzh.v2i1.234.
Pertiwi, Amalia Dwi, Siti Aisyah Nurfatimah, Dinie Anggraeni Dewi, and Yayang Furi Furnamasari. “Implementasi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran PKn Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021): 4331–40. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1565.
Prabandari, Anung Siwi. “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, no. 1 (2020). https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.586.
Rizky Asrul Ananda, Mufidatul Inas, and Agung Setyawan. “Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Era Digital.” Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 1, no. 1 (2022). https://doi.org/10.55606/jpbb.v1i1.836.
Salamun, Ade, and Sofyan Sauri. “Isu Dan Masalah Dalam Analisis Evaluasi Dan Pengembangan Kebijakan Pendidikan Agama Islam.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 01 (2023): 219–40. https://doi.org/10.30868/ei.v12i01.2859.
Thoriq Al-Ziyad Hasan, Muhammad, and Akhmad Ramli. “Implementasi PAI Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Era Society.” Borneo Journal of Islamic Education 3, no. 1 (2023): 2023.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Herni Puspita Sari, Ade Irma Suryani, Hilyati Milla
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.