PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DALAM ADAPTASI TEKNOLOGI CANVATERHADAP GURU DI SMPN 39 BENGKULU UTARA

Authors

  • Fantika Mella Andini Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Nasral Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Hilyati Milla Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/sa.v3i2.6621

Abstract

Pendidikan merupakan sebagai pondasi utama bagi kemajuan suatu negara, tak hanya itu salah satunya untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat tetapi juga menentukan daya saing suatu bangsa di panggung global. Pembangunan pendidikan nasional tidak terlepas dari kualitas guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi terhadap tujuan pendidikan. Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) berupaya mengatasi masalah yang terjadi di sekolah dengan menugaskan para mahasiswa untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di Sekolah Menengah Pertama salah satunya adalah SMPN 39 Bengkulu Utara. Dalam pelaksanaannya, mahasiswa ikut terjun dan bertanggung jawab dalam membantu sekolah dalam mengembangkan bidang literasi, numerasi, maupun adaptasi teknologi. Fokus kegiatan ini yaitu pada peran mahasiswa kampus mengajar angkatan 7 terhadap adaptasi teknologi khusnya aplikasi canva terhadap guru di SMPN 39 Bengkulu Utara serta dampaknya terhadap guru setelah adanya pendampingan dari mahasiswa kampus mengajar. Kegiatan ini menerapkan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari dilakukanya kegiatan ini menunjukkan pendampingan aplikasi canva terhadap guru membawa dampak yang signifikan seperti guru menjadi lebih percaya diri dan tertarik dalam mengembangkan keterampilan dalam memanfaatkan teknlogi contohnya menggunakan aplikasi canva dalam kinerjanya.

Kata kunci: Adaptasi Teknologi, Aplikasi Canva, Guru.

References

Attalina, S. N. C., Sutriyani, W., & Ni'mah, N. U. (2022). Tingkatkan kemampuan literasi digital guru sd dalam penggunaan media pembelajaran. Khaira Ummah, 1(02), 147-152.

Anwar, C., & Utami, R. P. (2023). Analisis problematika guru dalam membuat aksi nyata pada Platform Merdeka Mengajar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(2), 353-360.

Ashari, Y. A., Setiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2022). Peran mahasiswa dalam membantu adaptasi teknologi terhadap guru pada program kampus mengajar 1 di SD Pelita Bangsa Surabaya. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(1), 42-53.

Attalina, S. N. C., Sutriyani, W., & Ni'mah, N. U. (2022). Tingkatkan kemampuan literasi digital guru sd dalam penggunaan media pembelajaran. Khaira Ummah, 1(02), 147-152.

Elisa, A. P., Nahdiyah, S., & Devi, N. (2022). Penyelenggaraan Workshop Canva Untuk Memotivasi Guru Dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Di Upt Smk Negeri 7 Pangkep. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(1), 43- 52.

Fajriyah, D. N., Zumrotun, E., & Attalina, S. N. C. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar dalam Adaptasi Teknologi Canva terhadap Guru di SD Negeri 3 Tunahan. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 33-41

Farida, A., & Widyaningsih, P. (2023). Pelatihan Video Editing Dengan Canva Bagi Guru Di SMK Murni 2 Surakarta. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 65-74.

Fitria, H., et al. "Bangka Hulu, M., Bengkulu, K." Manajemen Pendidikan, J., & PGRI Palembang Jl Jend Ahmad Yani, U (2019): 14-25.

Febrian, W. D., & Nasution, I. H. (2023). Strategi Pengelolaan Ekowisata di Kabupaten Kepulauan Seribu Provinsi DKI Jakarta Berdasarkan Pada Performance Manajemen, Keunggulan Kompetitif dan Inovasi. Journal Human Resources 24/7. Abdimas: Abdimas, 1(1), 1-22.

Glaesser, Judith. "Competence in educational theory and practice: a critical discussion." Oxford review of education 45.1 (2019): 70-85.

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan penulisan karya ilmiah bidang pendidikan jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601-1606.

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung. Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan

Sukarno Pressindo (LPSP).

Rezania, V., & Rohmah, J. (2021). Student Self-Development Through Kampus Mengajar Angkatan 1 Program At SDIT Madani Ekselensia Sidoarjo. IJCDE (Indonesian Journal of Community Diversity and Engagement), 2(2), 7-15.

Suhandani, D., & Julia, J. (2014). Identifikasi kompetensi guru sebagai cerminan profesionalisme tenaga pendidik di Kabupaten Sumedang (kajian pada kompetensi pedagogik). Mimbar Sekolah Dasar, 1(2), 128-141.

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke- Sd-An, 16(2).

Zumrotun, Erna, and Syailin Nichla Choirin Attalina. "Media pembelajaran tutup botol pintar matematika meningkatkan hasil belajar matematik." Mimbar PGSD Undiksha 8.3 (2020): 499-507.

Downloads

Published

2024-07-11

How to Cite

Fantika Mella Andini, Nasral, & Hilyati Milla. (2024). PERAN MAHASISWA KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 7 DALAM ADAPTASI TEKNOLOGI CANVATERHADAP GURU DI SMPN 39 BENGKULU UTARA. Setawar Abdimas, 3(2), 91–96. https://doi.org/10.36085/sa.v3i2.6621

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 24 times