PEMANFATAAN MEDIA INTERAKTIF SCRABBLE KAGANGA SEBAGAI STRATEGI PELESTARIAN BAHASA DAERAH PROVINSI BENGKULU

Authors

  • Mardhatillah Hafidzah Harahap Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Fitri Zahrotul Jannah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Annisa Wulandari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Wella Ananda Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Winda Ramadianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/sa.v3i3.5972

Abstract

Rendahnya minat siswa dalam belajar aksara Kaganga mengakibatkan kurang menariknya proses pembelajaran dan kurangnya kreativitas dalam proses pembelajaran yang menyebabkan tidak maksimalnya hasil belajar pada pembelajaran aksara Kaganga. Tim PKM-PM telah memberikan inovasi media pembelajaran pada mata pelajaran muatan lokal dengan menggunakan Scrabble Kaganga untuk mengatasi kejenuhan dan mengurangi rasa bosan pada siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan adanya media interaktif ini membuat siswa lebih mudah dalam memahami aksara kaganga, dan membuat suasana kelas menjadi semangat dan antusias sehingga siswa tidak bosan dalam mempelajari aksara kaganga itu sendiri. Pengabdian ini dilakukan dengan metode pemberian sosialisasi, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Hasil data evaluasi dapat dilihat pada ‘Tabel Distribusi Frekuensi Skor Tabulasi Kuesioner” dengan hasil tingkat sangat setuju yang tinggi lebih dari 85% untuk penggunaan media interaktif Scrabble Kaganga Hal ini menyatakan bahwa media interaktif Scrabble Kaganga dapat menjadi solusi yang tepat dalam permasalahan mitra tim PKM-PM.

Kata kunci: Aksara Kaganga; Media Interaktif; Scrabble Kaganga.

Downloads

Published

2024-01-04

How to Cite

Mardhatillah Hafidzah Harahap, Fitri Zahrotul Jannah, Annisa Wulandari, Wella Ananda, & Winda Ramadianti. (2024). PEMANFATAAN MEDIA INTERAKTIF SCRABBLE KAGANGA SEBAGAI STRATEGI PELESTARIAN BAHASA DAERAH PROVINSI BENGKULU. Setawar Abdimas, 3(1), 7–13. https://doi.org/10.36085/sa.v3i3.5972

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 52 times

Most read articles by the same author(s)