PEMANFATAAN MEDIA INTERAKTIF SCRABBLE KAGANGA SEBAGAI STRATEGI PELESTARIAN BAHASA DAERAH PROVINSI BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/sa.v3i3.5972Abstract
Rendahnya minat siswa dalam belajar aksara Kaganga mengakibatkan kurang menariknya proses pembelajaran dan kurangnya kreativitas dalam proses pembelajaran yang menyebabkan tidak maksimalnya hasil belajar pada pembelajaran aksara Kaganga. Tim PKM-PM telah memberikan inovasi media pembelajaran pada mata pelajaran muatan lokal dengan menggunakan Scrabble Kaganga untuk mengatasi kejenuhan dan mengurangi rasa bosan pada siswa dalam mengikuti proses pembelajaran. Dengan adanya media interaktif ini membuat siswa lebih mudah dalam memahami aksara kaganga, dan membuat suasana kelas menjadi semangat dan antusias sehingga siswa tidak bosan dalam mempelajari aksara kaganga itu sendiri. Pengabdian ini dilakukan dengan metode pemberian sosialisasi, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Hasil data evaluasi dapat dilihat pada ‘Tabel Distribusi Frekuensi Skor Tabulasi Kuesioner” dengan hasil tingkat sangat setuju yang tinggi lebih dari 85% untuk penggunaan media interaktif Scrabble Kaganga Hal ini menyatakan bahwa media interaktif Scrabble Kaganga dapat menjadi solusi yang tepat dalam permasalahan mitra tim PKM-PM.
Kata kunci: Aksara Kaganga; Media Interaktif; Scrabble Kaganga.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mardhatillah Hafidzah Harahap, Fitri Zahrotul Jannah, Annisa Wulandari, Wella Ananda, Winda Ramadianti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.