Eksploitasi Perempuan Dalam Iklan Televisi dan Media Cetak

Penulis

  • Nurlianti Nurlianti

DOI:

https://doi.org/10.36085/madia.v2i1.3113

Abstrak

Di era new media saat ini khalayak sudah akrab dengan suguhan  iklan di televisi dan di media cetak dengan fenomena vulgar yang di luar jangkauan pemikiran kita sebelumya.  Loncatan perubahan dan kemajuan dari media cetak  dan elektonik yang begitu dahsyat, membuka kesempatan masyarakat dengan sangat mudah mengakses media sebagai sarana penyampai pesan atau informasi ke khalayak secara cepat dan sarat akan tuntutan pemilik modal yang begitu kuat. Hal ini terutama disebabkan adanya arus globalisasi dengan ditandai kemajuan teknologi yang sangat cepat. 

Globalisasi telah menimbulkan pergeseran peran media yang berimplikasi terhadap nilai-nilai yang dianut pemilik dan pengelola media (Mulyana, 2011 : iii). Tayangan-tayangan televisi dan media massa lainnya sebagai sarana edukasi bagi masyarakat telah bergeser menjadi sebuah suguhan yang kental dengan aroma nilai-nilai bisnis semata sehingga mengabaikan budaya dan tatanan nilai serta etika yang dianut oleh bagian besar masyarakat Indonesia.

Referensi

Birowo, Mario Antonius. 2004. Melawan Hegemoni Media dengan Strategi Komunikasi Berpusat pada Masyarakat: Jurnal Ilmu Komunikasi Vol. 1 No.1, Juni 2004. Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Bungin, Burhan. 2005. Pornomedia: Sosiologi Media, Konstruksi Sosial Teknologi Telematika, & Perayaan Seks di Media Massa. Jakarta. Prenadamedia

-------------------. 2011. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta. Prenadamedia.

Kuntowijoyo, Damono, S. D., Siregar, A., Ibrahim, M. D., Danarto, Redana, B., et al. (1997). Lifestyle Ecstasy. (I. S. Ibrahim, Ed.) Yogyakarta: Jalasutra.

Mulyana, Deddy. 2011. Membangun Media Yang Kritis (Pengantar dalam buku Media dan Perubahan Sosial, oleh Dr. Eni Maryani, Dra., M.Si.) Bandung. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy & Idi Subandi Ibrahim. 1997. Bercinta dengan Televisi: Ilusi, Impresi dan Imaji Sebuah Kotak Ajaib. Bandung. RemajaRosdakarya.

Sumartono.2002. Terperangkap dalam Iklan, Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi, Bandung. Alvabeta.

Internet:

Ekspolitasi Perempuan dalam Iklan Mie Sedap. http://kippas.org/home/wp-content/uploads/ 2013/05/20130510-100920.jpg didownload pada tanggal 26 Sept 2015 pukul 21.00

http://www.philosophyreseacher.com/eksploitasi-tubuh-perempuan-di-televisi.html di-download pada tanggal 22 Oktober 2015

Yusuf, Iwan Awaluddin. https://bincangmedia.wordpress.com/2014/10/15/perempuan-dalam-iklan-dari-eksplorasi-ke-eksploitasi didownload pada taanggal 26 September pukul 21.25.

Shoemaker dan Resse. 1991. https://aljurem.wordpress.com/2012/01/23/teori-harold-laswell/didownload pada tanggal 24 Oktober 2015 pukul 05.33.

Diterbitkan

2021-12-20
Abstrak viewed = 271 times