STRATEGI KOMUNIKASI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI BENGKULU SELATAN

Penulis

  • Agnes Afdi Pratama Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Juliana Kurniawati Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsikom.v6i2.9355

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pertukaran verbal Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sinar Akbar memberikan manfaat bagi sistem perekonomian lokal dalam jaringan Desa Sindang Bulan, Kecamatan Seginim, Kabupaten Bengkulu Selatan. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif untuk mewawancarai anggota tim pengelola BUMDes Sinar Akbar serta anggota masyarakat setempat dan peserta Purvosive Sampling dari Desa Sindang Bulan yang merupakan nasabah simpan pinjam. Observasi, wawancara, dan dokumentasi dilakukan terhadap informan. Penelitian ini didasarkan pada karya Wheelen dan Hunger yang mengemukakan gagasan bahwa strategi komunikasi BUMDes yang berupaya meningkatkan perekonomian lokal terdiri dari tiga komponen utama: rencana, anggaran, dan proses. Masyarakat Desa Sindang Bulan mungkin dapat mengetahui tentang simpan pinjam BUMDes yang berpotensi memberikan dampak besar terhadap perekonomian lokal melalui tiga prinsip teori komunikasi Whelen.

Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Meningkatkan Ekonomi, Bengkulu Selatan

Unduhan

Diterbitkan

31-10-2025

Cara Mengutip

Pratama , A. A., & Kurniawati, J. (2025). STRATEGI KOMUNIKASI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM MENINGKATKAN EKONOMI MASYARAKAT DI BENGKULU SELATAN. Jurnal Sarjana Ilmu Komunikasi (J-SIKOM), 6(2), 351–361. https://doi.org/10.36085/jsikom.v6i2.9355
Abstrak viewed = 0 times