EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEDAGANG SECOND BRAND FACE TO FACE KEPADA PEMBELI PASAR BATAM KOTA BENGKULU

Authors

  • Muhammad Ferdy Ismatullah
  • Juliana Kurniawati Program Studi Ilmu Komunikasi

DOI:

https://doi.org/10.36085/jsikom.v4i1.5226

Abstract

Penelitian ini mempunyai gambaran maraknya pengguna brand second ini di pelanggan membuat kemajuan yang
signifkan bagi para pedagang Outfit Second Brand di kota  bengkulu terutama di pasar panorama dimana aspek ini
meningkat dari semua sektor yaitu, peningkatan ekonomi, peningkatan kuantitas dan kualitas yang stabil dari barang
branded itu sendiri dan jumlah pelanggan.Karena itu Outfit Second Brand Store Pasar Batam, Panorama, Kota Bengkulu ini telah memajukan semua aspek yang ada bagi para masyarakat Kota Bengkulu yang menikmati nya. Peneliti juga melihat bagaimana pedagang Outfit Second Brand Store menggunakan efektivitas komunikasi yang tepat agar memaksimalkan kinerja penjualan yang mereka lakukan. Penelitianiniuntukmengetahui Efektivitas Komunikasi Pemasaran Outfit Branded Second Store Di Pasar Batam, Panorama, Kota Bengkulu. Menggunakan teori strategi komunikasi Arifin (1994) yaitu Redudancy, Canalizing, Informatif, Edukatif, Persuasif, dan Koersif. JenispenelitianiniadalahDeskriptif Kualitatif adalah suatu metode penelitian dimaksud untuk menuliskan realita sosial yang kompleks sedemikian Informan dalam penelitian ini adalah, informan kunci yaitu2 Pembeli second store di Pasar Batam, Panorama, Kota Bengkulu dan informan pokok. 2 Pemilik second store di Pasar Batam, Panorama, Kota Bengkulu 2 Karyawan second store di Pasar Batam, Panorama, Kota Bengkulu. Peneliti menarik kesimpulan bahwa strategi komunikasi yang digunakan menjadikan komunikasi yang efektif karena dilakukan secara face to face antara para penjual dan pembeli. Dimana para pedagang Brand Second ini selalu melayani pembeli tanpa ada rasa jenuh karena pesan yang disampaikan melalui strategi komunikasi itu pun stabil dan konsisten. Bagi para pelanggan sendiri pun ini
juga bisa menjadikan sebuah ladang usaha membuka toko second brand diluar pasar batam dan meningkatkan eksistensi sosial secara pribadi

Kata Kunci : Efektivitas, Komunikasi Pemasaran, Outfit Second Brand

Additional Files

Published

29-05-2023

How to Cite

Ismatullah, M. F. ., & Kurniawati, J. (2023). EFEKTIVITAS KOMUNIKASI PEDAGANG SECOND BRAND FACE TO FACE KEPADA PEMBELI PASAR BATAM KOTA BENGKULU. J-SIKOM, 4(1), 9–17. https://doi.org/10.36085/jsikom.v4i1.5226
Abstract viewed = 165 times