PENGUATAN PERAN PENDIDIK TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS PROYEK SATUAN PENDIDIKAN

Authors

  • Tomi Hidayat Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Irwandi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Pariyanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/sa.v3i1.6174

Abstract

Tujuan dari pengabdian adalah peserta dapat menguatkan pemahaman mengenai esensi pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di satuan pendidikan, merefleksikan pelaksanaan projek profil di tahun pertama sebagai Sekolah Penggerak, menganalisis miskonsepsi pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di satuan pendidikan, merancang asesmen projek yang efektif menyasar profil pelajar Pancasila. Mengoptimalkan kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila yang berdampak kepada murid. Seluruh peserta memaparkan mengenai pengembangan kegiatan projek di satuan pendidikan, merancang asesmen projek yang efektif menyasar profil pelajar Pancasila, dan mengoptimalkan kegiatan projek yang berdampak kepada murid. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan. Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Kata Kunci : Profil Pelajar Pancasila, Refleksi, Miskonsepsi, Proyek.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Tomi Hidayat, Irwandi, & Pariyanto. (2024). PENGUATAN PERAN PENDIDIK TERHADAP PROFIL PELAJAR PANCASILA BERBASIS PROYEK SATUAN PENDIDIKAN. Setawar Abdimas, 3(1), 55–59. https://doi.org/10.36085/sa.v3i1.6174

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 31 times