SOSIALISASI AKREDITASI SEKOLAH DAN PEMBELAJARAN MENDALAM MEWUJUDKAN SEKOLAH BERMUTU DI KABUPATEN MUKOMUKO
DOI:
https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.8051Abstract
Pendidikan bermutu merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan sumber daya manusia yang unggul. Artikel ini bertujuan untuk menyosialisasikan pendekatan deep learning (pembelajaran mendalam) dalam proses pembelajaran serta meningkatkan pemahaman tentang pentingnya akreditasi sekolah sebagai upaya menuju pendidikan yang berkualitas dan inklusif. Melalui kegiatan pengabdian ini, dilakukan sosialisasi kepada guru dan tenaga kependidikan di tingkat sekolah menengah. Metode yang digunakan meliputi pelatihan, workshop, dan pendampingan. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang penerapan deep learning dalam pembelajaran dan kesadaran akan pentingnya akreditasi sekolah. Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan mutu pendidikan secara berkelanjutan.
References
BSNP. (2020). Panduan Akreditasi Sekolah Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. ASCD.
Darling-Hammond, L. (2017). Teacher Education Around the World: What Can We Learn from International Practice?. European Journal of Teacher Education.
Fullan, M., Quinn, J., & McEachen, J. (2018). Deep Learning: Engage the World Change the World. Corwin Press.
Hattie, J. (2009). Visible Learning: A Synthesis of Over 800 Meta-Analyses Relating to Achievement. Routledge.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). (2022). Rapor Pendidikan Indonesia 2022: Peta Mutu Pendidikan. Jakarta: Kemdikbudristek.
Kemdikbudristek. (2023). *Statistik Pendidikan Dasar dan Menengah 2022/2023*. Jakarta: Kemdikbudristek.
OECD. (2019). OECD Learning Compass 2030: A Framework for the Future of Education. OECD Publishing.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rahman, A., Setyaningsih, D., & Wijaya, A. F. C. (2022). Analisis Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Akreditasi Sekolah di Era Merdeka Belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 17(2), 145-160.
Tim Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan (Puspendik). (2024). Pemetaan Praktik Pembelajaran di Sekolah Menengah: Menuju Pembelajaran Abad 21. Laporan Penelitian. Kemdikbudristek.
UNESCO. (2015). Education 2030: Incheon Declaration and Framework for Action. Paris: UNESCO.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adi Asmara, Tomi Hidayat, Santoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.