SOSIALISASI PEMBELAJARAN MENDALAM DAN AKREDITASI SEKOLAH MENUJU PENDIDIKAN BERMUTU UNTUK SEMUA

Authors

  • Tomi Hidayat Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Adi Asmara Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia
  • Pariyanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.8033

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan merupakan salah satu tujuan utama dalam pembangunan sumber daya manusia. Salah satu upaya untuk mencapai tujuan tersebut adalah melalui proses akreditasi, yang bertujuan untuk menilai kelayakan dan kinerja institusi pendidikan. Namun, masih banyak institusi pendidikan yang kurang memahami pentingnya akreditasi dan cara mempersiapkannya secara efektif. Di sisi lain, perkembangan teknologi, khususnya deep learning, menawarkan potensi besar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses pendidikan. Artikel ini membahas kegiatan pengabdian yang menggabungkan pendekatan deep learning dengan sosialisasi akreditasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kegiatan ini dilaksanakan melalui dua metode utama, yaitu sosialisasi akreditasi dan pelatihan deep learning, yang ditujukan kepada dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang pentingnya akreditasi serta kemampuan dalam memanfaatkan teknologi deep learning untuk analisis data pendidikan. Evaluasi melalui pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta. Dengan demikian, kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan kesiapan institusi pendidikan menghadapi akreditasi dan memanfaatkan teknologi untuk mendukung proses pendidikan.

References

BSNP. (2020). Panduan Akreditasi Sekolah Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Darling-Hammond, L. (2017). Teacher Education Around the World: What Can We Learn from International Practice?. European Journal of Teacher Education.

Goodfellow, I., Bengio, Y., & Courville, A. (2016). Deep Learning. MIT Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Panduan Akreditasi Institusi Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemendikbud.

LeCun, Y., Bengio, Y., & Hinton, G. (2015). Deep learning. Nature, 521(7553), 436-444.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rahman, A., Setyaningsih, D., & Wijaya, A. F. C. (2022). Analisis Persepsi Guru Terhadap Pelaksanaan Akreditasi Sekolah di Era Merdeka Belajar. Jurnal Manajemen Pendidikan, 17(2), 145-160.

Sutoyo, E., & Mulyanto, A. (2019). Machine Learning: Konsep dan Implementasi. Bandung: Informatika.

TensorFlow. (2021). TensorFlow for Deep Learning. Diakses dari https://www.tensorflow.org/

Downloads

Published

2025-07-04

How to Cite

Tomi Hidayat, Adi Asmara, & Pariyanto. (2025). SOSIALISASI PEMBELAJARAN MENDALAM DAN AKREDITASI SEKOLAH MENUJU PENDIDIKAN BERMUTU UNTUK SEMUA . Setawar Abdimas, 4(2), 82–86. https://doi.org/10.36085/sa.v4i2.8033

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times

Most read articles by the same author(s)