EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN LITERASI DIGITAL PESERTA DIDIK MADRASAH TSANAWIYAH
DOI:
https://doi.org/10.36085/jrips.v3i2.6585Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan literasi digital pada peserta didik madrasah tsanawiyah. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest-posttest design. Dengan menggunakan teknik random sampling, diperoleh sampel untuk kelas eksperimen dan kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) dan pembelajaran konvensional dengan metode ceramah pada kelas kontrol. Data kemampuan literasi sains dan literasi digital tersebut diperoleh menggunakan tes tulis berupa angket yang didukung oleh pemberian soal pilihan ganda dan benar-salah pada peserta didik. Hasil dari penelitian yaitu penggunaaan model pembelajaran PjBL (project-based learning) efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan literasi sains dan literasi digital pada peserta didik kelas VII MTsN 1 Bengkulu Selatan. Dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,107 < 0,05 menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel independent (X) terhadap semua variabel dependen (Y1 dan Y2). Hal ini terlihat pada pengaruh yang terjadi di kelas eksperimen yang diberikan perlakuan model pembelajaran PjBL (project-based learning) lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional.