MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Authors

  • Widiyanto Nugroho SMA Negeri 9 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v2i2.5655

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan aktivitas, minat, dan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran berbasis proyek. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan  kelas yang terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan  tahap refleksi. Untuk penilaian aktivitas guru dan siswa menggunakan  lembar observasi, untuk penilaian minat siswa menggunakan lembar angket, sedangkan untuk penilaian hasil belajar dianalisis dengan menggunakan soal tes. Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 69%, aktivitas siswa pada siklus II mencapai 83% dan siklus III mencapai 94%. Untuk aktivitas guru, hasil obervasi pada siklus I mencapai 65%, pada siklus II aktivitas guru mencapai 77% dan pada siklus III aktivitas guru mencapai 94%. Dari hasil angket, siswa yang berminat pada siklus I mencapai 59%, siklus II mencapai 73% dan pada siklus III mencapai 86%. Persentase hasil nilai ketuntasan klasikal pada siklus I mencapai 64%, siklus II mencapai 73% dan pada siklus III yaitu mencapai 86%. Hasil analisa yang telah dilakukan, maka model pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan aktivitas, minat dan hasi belajar siswa SMA Negeri 9 Kota Bengkulu.

 

Kata Kunci : Minat Belajar, Pembelajaran Berbasis Proyek, Hasil Belajar

Downloads

Published

06/25/2023

How to Cite

Widiyanto Nugroho. (2023). MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 2(2), 124–144. https://doi.org/10.36085/jrips.v2i2.5655

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 48 times