PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PHAIR SHAIR MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN SUMBER BELAJAR INTERNET UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.36085/jrips.v2i2.5653Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya aktif dalam penggunaan media dan metode pembelajaran, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, siswa dan motivasi belajar siswa pada pelajaran Biologi, melalui penerapan pembelajaran Think Phair Shair dengan bantuan media internet dan audiovisual. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan 3 siklus, dimana masing masing siklus terdiri dari tahap tahap sebagai berikut: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA2 SMA Negeri 9 Kota Bengkulu dengan jumlah 24 orang siswa, terdiri dari 12 orang laki laki dan 12 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes, lembar observasi guru dan siswa, lembar angket motivasi. Lembar aktivitas guru dan siswa diamati oleh dua orang pengamat. Berdasarkan analisis secara deskriptif dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: skor rata rata aktivitas guru dan siswa disetiap siklus hingga siklus ke tiga meningkat dari 20,5- 29,5 merupakan katagori baik, dan motivasi belajar siswa juga meningkat dapat dilihat dari hasil presentase angket 75,5% merupakan katagori termotivasi, pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari presentase ketuntasan blajar klasikal siklus I 55% dan pada siklus ke III mencapai 88%. Hal ini menunjukan dengan mengunakan metode Kooperatif tipe Think Phair Shair dengan bantuan media Internet dan Audiovisual mengalami Peningkatan Pembelajaran Biologi
Kata Kunci : Metode Kooperatif Think Phair Shair, Media Audiovisual, internet, Aktivitas, Motivasi belajar