METODE BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU

Authors

  • Rozel Fachrozi SMA Negeri 9 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v2i2.5652

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui aktifitas belajar menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui metode eksperimen dalam pembelajaran biologi di kelas X SMA Negeri 9 Kota Bengkulu. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang sudah dilakukan di SMA Negeri 9 Kota  Bengkulu maka ditarik beberapa kesimpulan antara lain :diperoleh Pembelajaran dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan proses melalui Metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di kelas X pada konsep Keanekaragaman Makhluk Hidup.  Hal ini terlihat dari ketuntasan belajar siswa siklus I dan siklus II. Dimana terjadi peningkatan hasil belajar  siswa antara siklus I dan siklus II yang ditunjukkan dengan ketuntasan belajar siswa secara klasikal. Dimana ketuntasan belajar klasikal pada siklus I diperoleh persentase 50% dengan 20 orang siswa yang tuntas dari 40 orang siswa kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan perolehan persentase 87,17% dengan 34 orang siswa yang tuntas dari 39 orang siswa. Aktifitas belajar biologi dengan menerapkan Pendekatan Keterampilan proses melalui Metode eksperimen sudah berjalan dengan baik, baik dari segi aktifitas guru maupun dari segi aktifitas siswa. Disini terlihat peningkatan dari tiap siklus dari aktifitas guru dan siswa, seperti didapatkan dan analisa data observasi. Dimana untuk aktifitas guru di siklus I diperoleh rata-rata 18 dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan di siklus II dengan perolehan rata-rata skor 26 dengan kriteria baik. Untuk aktifitas siswa juga mengalami peningkatan dari tiap siklusnya, dimana pada siklus I diperoleh rata-rata skor 10 dengan kriteria baik dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan perolehan skor menjadi 17 dengan kategori baik.

Kata kunci: Aktifitas Belajar, Pendekatan Keterampilan Proses, PTK

Downloads

Published

06/25/2023

How to Cite

Rozel Fachrozi. (2023). METODE BELAJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 9 KOTA BENGKULU. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 2(2), 80–94. https://doi.org/10.36085/jrips.v2i2.5652

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 47 times