PEMBELAJARAN SAINS MENGGUNAKAN STRATEGI INQUIRY DALAM PENCAPAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI LINGKUNGAN
DOI:
https://doi.org/10.36085/jrips.v2i2.5651Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar peserta didik materi lingkungan di SMP Kusu-Kusu Sereh Ambon yang diajarkan dengan strategi pembelajaran inquiry. Penelitian ini telah dilaksanakan pada Bulan Januari-Februari Tahun 2023. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen. Pengambilan sampel menggunakan metode bertujuan (purpusive Sampling). Analisis data menggunakan Anacova dengan menggunakan SPSS 18. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol yaitu pada kelas eksperimen hasil belajar peserta didik dengan nilai maksimum 95,00 dan mean 85,0000 dengan standar deviasi 7,33799 sedangkan pada kelas kontrol nilai maksimum 50,00 dengan mean 26,6250 dengan standar deviasi 9,96066.
Kata kunci: Pembelajaran Sains, Strategi Inkuiri, Hasil Belajar, Lingkungan