PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PENERAPANAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU

Authors

  • Helen SMP Negeri 21 Kota Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jrips.v2i1.4745

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 30 siswa sebagai subjek penelitian di kelas VIII.5 SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Pengumpulan data menggunakan metode observasi pada bulan Oktober sampai dengan Desember 2020. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 53,25% dengan kategori cukup. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa sebesar 81,25% dengan kategori tinggi. Jadi dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 30%. Dengan demikian penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

 

Kata kunci: Student Facilitator, Explaining, Model Pembelajaran Kooperatif, Aktivitas Belajar Siswa

Downloads

Published

01/31/2023

How to Cite

Helen. (2023). PENINGKATAN AKTIVITAS SISWA MELALUI PENERAPANAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU. Jurnal Riset Dan Inovasi Pendidikan Sains (JRIPS), 2(1), 40–48. https://doi.org/10.36085/jrips.v2i1.4745

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 23 times