Transformasi Ekonomi Pesantren melalui Santripreneurship: Mencetak Wirausaha Religius Inovatif

Penulis

  • Mohammad Iqbal Firdaus Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Mochammad Charis Setiawan Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Dyah Isyana Lastri Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur

Kata Kunci:

santripreneurship, kewirausahaan, ekonomi pesantren, keberlanjutan

Abstrak

Santripreneurship merupakan salah satu bentuk pendekatan strategis dalam meningkatkan kemandirian ekonomi santri sekaligus memperkuat peran pesantren sebagai pusat pemberdayaan masyarakat. Implementasi program ini dilaksanakan melalui penguatan karakter, penanaman pola pikir kewirausahaan, serta penguasaan keterampilan dasar yang meliputi perencanaan bisnis, pemasaran kreatif, dan manajemen usaha. Strategi tersebut diperkuat dengan pembelajaran berbasis praktik, keteladanan dari pengasuh pesantren, serta penyediaan handbook santripreneurship sebagai panduan berkesinambungan. Temuan kajian menunjukkan bahwa santripreneurship mampu memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang relevan, serta mendukung terbentuknya ekosistem kewirausahaan yang mampu mendorong kemandirian pesantren dan santri. Keberhasilan dan keberlanjutan program santripreneur sangat ditentukan adanya sinergi dan kolaborasi berbagai pihak, khususnya antara pesantren, masyarakat, dan pemerintah dalam mengoptimalkan potensi lokal serta memperluas jejaring usaha. Dengan demikian, santripreneurship memiliki nilai strategis dalam membangun santri yang mandiri, inovatif, dan berdaya saing, sekaligus memperkuat kontribusi pesantren terhadap pembangunan sosial-ekonomi yang berkelanjutan di tingkat lokal, regional maupun global.

Referensi

Agustinus Tandi La’Bi’ & Lisa Sababalat. (2024). Mengasah Kecakapan Berwirausaha: Strategi dan Keterampilan yang Diperlukan untuk Sukses. Nian Tana Sikka : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1), 71–81. https://doi.org/10.59603/niantanasikka.v3i1.600

Amjad, T. (2022). Digital entrepreneurial marketing: A bibliometric analysis reveals an inescapable need of business schools. The International Journal of Management Education, 20(2), 100655. https://doi.org/10.1016/j.ijme.2022.100655

Anwar, M., Wijaya, T., Rialita, A. J., & Zahro, L. (2024). Optimizing the Economic Independence of Sharia-Based Islamic Boarding Schools. International Journal of Islamic Economics, 6(01), 58. https://doi.org/10.32332/ijie.v6i01.8944

Aripin, J., & Nugraha, M. S. (2025). Manajemen Keuangan Berkelanjutan di Pondok Pesantren: Pendekatan Kewirausahaan dan Tantangannya. Epistemic: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 143–163. https://doi.org/10.70287/epistemic.v4i1.223

Armita, A. P., & Hanifah, L. (2023). Economic Empowerment Of Santripreneur-Based Islamic Boarding Schools At Nurul Amanah Islamic Boarding School, Bangkalan. JOURNAL OF SHARIA ECONOMICS, 5(2), 268–278. https://doi.org/10.35896/jse.v5i2.668

Astuti, L. C., Anugrah, A. P., Sugiarto, A., Sulaeman, S., Fauzi, M. S., & F. Farawowan, F. (2025). Entrepreneurship Training in Schools: Fostering an Entrepreneurial Spirit from an Early Age for an Independent Future. TOFEDU: The Future of Education Journal, 4(1), 231–236. https://doi.org/10.61445/tofedu.v4i1.431

Bosman, L., & Fernhaber, S. (2021). All Students Need an Entrepreneurial Mindset. In L. Bosman & S. Fernhaber, Teaching the Entrepreneurial Mindset Across the University (pp. 3–10). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-79050-9_1

Burnette, J. L., Pollack, J. M., Forsyth, R. B., Hoyt, C. L., Babij, A. D., Thomas, F. N., & Coy, A. E. (2020). A Growth Mindset Intervention: Enhancing Students’ Entrepreneurial Self-Efficacy and Career Development. Entrepreneurship Theory and Practice, 44(5), 878–908. https://doi.org/10.1177/1042258719864293

Chamidi, A. L. (2023). Peran Pemberdayaan Ekonomi Pesantren Dalam Mendorong Kemandirian Ekonomi (Studi Kasus Pondok Pesantren Bahrul ‘Ulum Tambakberas Jombang). Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(2), 3079. https://doi.org/10.29040/jiei.v9i2.8713

Darma Jata, A. A. G., Susanto, D., & Rahmawati, I. (2025). SOSIALISASI STRATEGI PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENDUKUNG KREATIVITAS SISWA DALAM MENINGKATKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 5 KOTA SERANG. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 5(1), 114–123. https://doi.org/10.53067/ijecsed.v5i1.201

Fata, M. A., & Mnongya, R. (2025). Strengthening the Islamic Boarding School-Based Economy and Entrepreneurship Towards Economic Independence (Case Study at the Al-Bahjah Sumber Islamic Boarding School, Cirebon Regency). Ecopreneur : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 6(1), 37–48. https://doi.org/10.47453/ecopreneur.v6i1.3085

Galib, M., Maulana, M., Basri, M., Mashuri, A., & Ardasanti, A. (2024). Menumbuhkan Jiwa Entrepreneur Mahasiswa melalui Pelatihan Kreativitas dan Inovasi: Developing Students’ Entrepreneurial Spirit through Creativity and Innovation Training. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 9(8), 1464–1470. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v9i8.7139

Hamid, A. M. (2023). PEMBERDAYAAN EKONOMI SYARIAH BERBASIS SANTRIPRENEUR (Kasus: Di Pondok Pesantren Darul Hikmah Desa Gumantuk Maduran Lamongan). HUMANIS: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 55–66. https://doi.org/10.52166/humanis.v15i1.3943

Majid, A., Noviarita, H., & Anggraeni, E. (2023). Peran Digitalitasi Ekonomi Untuk Membentuk Kemandirian Ekonomi Pondok Pesantren. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(4), 1265–1273. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i4.3441

Mala, I. K., Pratikto, H., & Winarno, A. (2020). SANTRIPRENEURSHIP: INTERNALIZING THE VALUES OF INDEPENDENCE IN THE DIGITAL ERA (CASE OF PONDOK PESANTREN IN MALANG RAYA). Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship. https://doi.org/10.17358/ijbe.6.3.282

Misbah, A. (2024). Model Manajemen Keuangan Syariah Di Pesantren: Meningkatkan Kemandirian Ekonomi Lembaga Pendidikan Islam di Era Digital. Nidhomiyyah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 166–184. https://doi.org/10.38073/nidhomiyyah.v5i2.1940

Mohammad Khoirur Rachman & Ahmad Mohammad Tidjani. (2024). Optimizing Islamic Boarding School-Based Entrepreneurship Models in the Digital Economy Era: Challenges and Opportunities at the Jaddung Pragaan Sumenep Islamic Boarding School. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(6), 431–440. https://doi.org/10.61166/interdisiplin.v1i6.73

Muhammad Fahmul Iltiham & Wiwin Ainis Rohtih. (2023). Inspiring Entrepreneurial Spirit to Achieve Economic Independence for the Community Based on the Foundation of Islamic Boarding Schools. MALIA (TERAKREDITASI), 15(1), 94–104. https://doi.org/10.35891/ml.v15i1.4915

Muiz, A., Aini, S. Q., & Noh, M. S. B. M. (2025). Sustainability of Islamic Boarding Schools through Empowerment of the People’s Economy by Community-Based Development Theory. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 14(1), 357–368. https://doi.org/10.54471/iqtishoduna.v14i1.1803

Nisa, K., Saifulloh, S., M., Zahira, F., & Harmadi, S. H. B. (2024). Santriprenuership: A Strategic Approach to Human Capital Development. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v9i32.17457

Puspanita, I. (2022). SOSIALISASI KEWIRUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT WIRAUSAHA MASYARAKAT DESA SINDANGSARI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i1.3650

Qizam, I., Berakon, I., & Ali, H. (2025). The role of halal value chain, Sharia financial inclusion, and digital economy in socio-economic transformation: A study of Islamic boarding schools in Indonesia. Journal of Islamic Marketing, 16(3), 810–840. https://doi.org/10.1108/JIMA-03-2024-0108

Rahmati, A., Salman, S., Januddin, J., Mulyadi, D., & Mubarak, F. (2023). SANTRIPRENEURSHIP: INCREASING ECONOMIC INDEPENDENCE THROUGH ENTREPRENEURSHIP CHARACTER EDUCATION AT THE UMMUL AYMAN ISLAMIC BOARDING SCHOOL SAMALANGA. Jurnal As-Salam, 7(2), 300–320. https://doi.org/10.37249/assalam.v7i2.665

Rodriguez, S., & Lieber, H. (2020). Relationship Between Entrepreneurship Education, Entrepreneurial Mindset, and Career Readiness in Secondary Students. Journal of Experiential Education, 43(3), 277–298. https://doi.org/10.1177/1053825920919462

Shofiyuddin, M., Zamroni, M. A., Warti’ah, & Maknuun, L. L. I. (2024). Strategi Pengasuh Pondok Pesantren dalam Pengembangan Ekonomi Mandiri Santripreneur. Andragogi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 44–61. https://doi.org/10.31538/adrg.v3i1.1286

Sifwatir Rif’ah & Ahmad Badrut Tamam. (2025). Pendampingan Santripreneur, Pesantrenpreneur dan Sosiopreneur di Koperasi Syariah IAI Tarbiyatut Tholabah. PARTICIPATORY: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 81–99. https://doi.org/10.58518/participatory.v4i1.3500

Simić, A., Fajsi, A., Morača, S., Borocki, J., & Vekić, A. (2025). ESSENTIAL PROJECT MANAGEMENT SKILLS FOR SUCCESSFUL ENTREPRENEURIAL LEADERSHIP. 343–350. https://doi.org/10.24867/FUTURE-BME-2024-038

Wahid, A. H., & Sa’diyah, H. (2020). PEMBANGUNAN SANTRIPRENEUR MELALUI PENGUATAN KURIKULUM PESANTREN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI ERA DISRUPTIF. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 80–99. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.130

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-04
Abstrak viewed = 0 times