Peningkatan Kemampuan Pemasaran Digital bagi Kelompok UMKM Badan Usaha Amal Nasyiatul ‘Aisyiyah Purbalingga, Jawa Tengah

Penulis

  • Muhammad Hamka Universitas Purwokerto
  • Dimara Kusuma Hakim Universitas Purwokerto
  • Esti Nur Wakhidah Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga
  • Riyan Dwi Yulian Prakoso Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga
  • Ermawati Ermawati Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga
  • Indy Alfin Faujie Institut Teknologi dan Bisnis Muhammadiyah Purbalingga

Kata Kunci:

Pemasaran Digital, Media Sosial, UMKM

Abstrak

Kegiatan PKM ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan implementasi pemasaran digital kepada kelompok UMKM Badan Usaha Amal Nasyiatul ‘Aisyiyah (BUANA) Purbalingga, Jawa Tengah. Permasalahan yang dihadapi kelompok UMKM BUANA Purbalingga yaitu keterbatasan jangkauan pemasaran, tidak tersedianya katalog produk, serta rendahnya pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) sebagai media promosi produk khususnya melalui media sosial. Metode yang digunakan meliputi Forum Grup Diskusi (FGD, workshop pemanfaatan media sosial dalam pemasaran digital, serta penyebaran kuesioner untuk mengukur tingkat pemahaman peserta terhadap materi yang diberikan, kepuasan pelaksanaan PKM, dan mengetahui minat peserta dalam mengadopsi model bisnis menggunakan pemasaran digital. Berdasarkan hasil posttest, terdapat peningkatan pemahaman peserta terkait pemasaran digital mencapai 65%. Sementara itu, kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini sesuai dengan rencana dan tahapan yang telah telah dirumuskan sebelumnya. Hal tersebut direpresentasikan dari hasil kuesioner kepuasan pelaksanaan PKM, dimana respon peserta menunjukkan bahwa 47,57% Sangat Setuju, 44,27% Setuju dan hanya 8,16% yang menyatakan Ragu-Ragu. Sedangkan melalui program PKM ini,  mayoritas peserta memiliki minat dan keinginan beralih pada bisnis berbasis TI. Fakta tersebut terkonfirmasi dengan persentase sebanyak 86,4% dari peserta yang menyetujui dan sangat menyetujui untuk mengadopsi digitalisasi proses penjualan, sementara 7,5% masih mempertimbangkan penggunaannya, dan 6,2% memilih untuk tetap menggunakan metode penjualan konvensional.

Referensi

Andriani, R., & Afidah, M. (2020). Evaluasi Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Dosen Universitas Lancang Kuning. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 12(1), 271. https://doi.org/10.24114/jupiis.v12i1.14680

Appel, G., Grewal, L., Hadi, R., & Stephen, A. T. (2020). The future of social media in marketing. Journal of the Academy of Marketing Science, 48(1), 79–95. https://doi.org/10.1007/s11747-019-00695-1

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024a). Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024. https://survei.apjii.or.id

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2024b). Survei Penggunaan Internet oleh UMKM dan Korporasi 2023.

Badan Pusat Statistik. (2020). Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku usaha. In Analisis Hasil Survei Dampak COVID-19 terhadap Pelaku usaha.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2024). Profil Industri Mikro Kecil Provinsi Jawa Tengah 2023.

Bajpai, V., Pandey, S., & Shriwas, S. (2012). Social Media Marketing: Strategies & Its Impact. International Journal of Social Science & Interdisciplinary Research, 1(7), 214–223. www.indianresearchjournals.com

Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59(July 2020). https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168

Maharani, I. F., Hidayat, D., & Angga Dianita, I. (2021). Penerapan Digital Marketing Pada Konteks Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Womenpreneur Maima Indonesia. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 7(2), 699–709. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JK/article/view/1168

Manzoor, U., Baig, S. A., Hashim, M., & Sami, A. (2020). Impact of Social Media Marketing on Consumer’s Purchase Intentions: The Mediating role of Customer Trust. International Journal of Entrepreneurial Research, 3(2), 41–48. https://doi.org/10.31580/ijer.v3i2.1386

Maria, S., Pusriadi, T., & Darma, D. (2020). The Effect of Social Media Marketing, Word of Mouth, and Effectiveness of Advertising on Brand Awareness and Intention to Buy. KnE Social Sciences, 19(2), 107–122. https://doi.org/10.18502/kss.v4i3.6373

Mou, J., & Benyoucef, M. (2021). Consumer behavior in social commerce: Results from a meta-analysis. Technological Forecasting and Social Change, 167(January), 120734. https://doi.org/10.1016/j.techfore.2021.120734

Rudi, S. (2020). Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic COVID-19 In Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 5(2), 36–48. https://doi.org/10.20473/jiet.v5i2.23614

Sari, D. R., Matsaany, B., & Hamka, M. (2023). Aspect Extraction of E-Commerce and Marketplace Applications Using Word2Vec and Wordnet Path. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 4(4), 787–796. https://doi.org/10.52436/1.jutif.2023.4.4.726

Sobaih, A. E. E., Palla, I. A., & Baquee, A. (2022). Social Media Use in E-Learning amid COVID 19 Pandemic : Indian Students ’ Perspective.

Telukdarie, A., Dube, T., Matjuta, P., & Philbin, S. (2023). The opportunities and challenges of digitalization for SME’s. Procedia Computer Science, 217, 689–698. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.procs.2022.12.265

Thrassou, A., Uzunboylu, N., Vrontis, D., & Christofi, M. (2020). Digitalization of SMEs: A Review of Opportunities and Challenges BT - The Changing Role of SMEs in Global Business: Volume II: Contextual Evolution Across Markets, Disciplines and Sectors (A. Thrassou, D. Vrontis, Y. Weber, S. M. R. Shams, & E. Tsoukatos (eds.); pp. 179–200). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-45835-5_9

Tran, T. T. S., Nemeth, N., & Sarker, M. S. I. (2024). Digital marketing in community-based enterprises: A systematic literature review and research agenda. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(4), 100414. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2024.100414

We Are Social. (2023). Digital 2023 Indonesia. In We Are Social. https://wearesocial.com/wp-content/uploads/2023/03/Digital-2023-Indonesia.pdf

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-10
Abstrak viewed = 20 times